Pemanfaatan potensi wilayah pesisir sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 4 Nguling Pasuruan / Anisa Rizki Amalia
Main Author: | Amalia, Anisa Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24992/ |
Daftar Isi:
- AmaliaAnisaRizki.2014.PemanfaatanPotensiWilayahPesisirsebagaiMediaPembelajaranuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIIASMPN4NgulingPasuruan.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(2)Dra.SusilowatiM.S.KataKunciWilayahPesisirMediaPembelajaranMotivasiHasilBelajar.1228812288122881228812288122881228812288BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasVIIASMPN4NgulingPasuruandiketahuibahwapembelajaranyangdigunakanmasihdominanmenggunakanmetodeceramahatauberpusatpadaguru(teachercentered).Berdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwasiswamerasabosankurangsenangdankurangtermotivasidenganmetodepembelajaranceramah.Darikurangnyamotivasisiswatersebutberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.Salahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebutadalahdengancaramenerapkanpembelajaranmenggunakanmediaalamberupawilayahpesisirpantai.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarmelaluipemanfaatanpotensiwilayahpesisirsebagaimediapembelajaransiswakelasVIIASMPN4Nguling-Pasuruan.12288122881228812288Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasduasiklus.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanpadamateriInteraksiMakhlukHidupdenganLingkungandanPencemaranLingkungan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaobservasiangketdantes.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanangketmotivasibelajarsiswadanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklusdandihitungreratanya.Hasilbelajarafektifdanpsikomotordiukurmenggunakanobservasiselamakegiatanpembelajaranberlangsung.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.Berdasarkanangketmotivasibelajarsiswameningkatdari63%sebelumdilakukantindakanmenjadi80%setelahdilakukantindakan.Berdasarkanhasilobservasimotivasibelajarsiswameningkatdari75%padasiklusImenjadi85%padasiklusII.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatanketuntasanklasikaldari61%padasiklusImenjadi86%padasiklusII.PeningkatanyangterjadikarenatingkatkesulitanmaterisiklusIberbedadengantingkatkesulitanmateripadasiklusII.JikatingkatkesulitanmateripadasiklusIdansiklusIIsetaramakadapatdimungkinkansiswamengalamipeningkatanhasilbelajarkognitifpadasiklusIIlebihbanyakataulebihsedikitdibandingkandengansiklussebelumnya.Hasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkatanketuntasanklasikaldari46%padasiklusImenjadi89%padasiklusIIdanhasilbelajarpsikomotorsiswamengalamipeningkatanketuntasanklasikaldari57%padasiklusImenjadi85%padasiklusII.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanpembelajaranmenggunakanmediaalampesisirpantaidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIASMPNegeri4NgulingPasuruan.