Penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Malang pada materi kingdom animalia / Lailatul Qomariah
Main Author: | Qomariah, Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24989/ |
Daftar Isi:
- QomariahLailatul.2014.PenerapanPembelajaranMelaluiPendekatanIlmiahuntukMeningkatkanSikapPengetahuandanKeterampilanProsesPesertaDidikKelasXMIA4SMAN3MalangPadaMateriKingdomAnimalia.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd.(2)Dra.EkoSriSulasmiM.SKataKunciPendekatanIlmiahSikapPengetahuanKeterampilanProses.BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasXMIA4SMAN3MalangdiketahuibahwagurutelahmenggunakanKurikulum2013namunpadapelaksanaannyabelumdapatsepenuhnyadikatakansesuai.BerdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwasebagianbesarpesertadidikbelummemenuhituntutankompetensisesuaidenganKurikulum2013.Kompetensiyangdirasakurangadalahpadaranahsikapdanketerampilanprosespesertadidiksehinggaberdampakpulapadaranahpengetahuanpesertadidik.SalahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahyangsesuaidengantuntutanKurikulum2013.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahdalammeningkatkansikappengetahuandanketerampilanprosespesertadidik.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanpadamateriAnimaliaselama2sikluspenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaobservasidantes.Ranahsikappesertadidikdiukurmenggunakanlembarobservasisikap.Ranahpengetahuanpesertadidikdiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Keterampilanprosespesertadidikdiukurmenggunakanlembarobservasiketerampilanproses.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaranahsikappengetahuandanketerampilanprosesmengalamipeningkatan.BerdasarkanhasilobservasiranahsikappadasiklusIsebesar7152%mengalamipeningkatanmenjadisebesar8696%padasiklusII.HasilranahpengetahuanpesertadidikpadasiklusIsebesar7027%meningkatmenjadisebesar8649%padasiklusII.RanahketerampilanprosespesertadidikjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar7703%menjadisebesar9023%padasiklusII.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahdapatmeningkatkansikappengetahuandanketerampilanprosespesertadidikkelasXMIA4SMAN3Malang.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiberikansarandiantaranya1)dalampembuatanindikatorranahsikapharusdisesuaikandengankompetensiyangdiharapkandimilikipesertadidik2)pengelolaanwaktudalamprosespembelajaranharusdisesuaikandengankondisipesertadidikterutamadalamkegiatanmengamatidanmencobadan3)indikatoryangdigunakandalamketerampilanprosesharusjelasdandapatdibedakandenganindikatorsikap.