Penerapan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan proses peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Malang pada materi kingdom animalia / Lailatul Qomariah

Main Author: Qomariah, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/24989/
Daftar Isi:
  • QomariahLailatul.2014.PenerapanPembelajaranMelaluiPendekatanIlmiahuntukMeningkatkanSikapPengetahuandanKeterampilanProsesPesertaDidikKelasXMIA4SMAN3MalangPadaMateriKingdomAnimalia.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd.(2)Dra.EkoSriSulasmiM.SKataKunciPendekatanIlmiahSikapPengetahuanKeterampilanProses.BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasXMIA4SMAN3MalangdiketahuibahwagurutelahmenggunakanKurikulum2013namunpadapelaksanaannyabelumdapatsepenuhnyadikatakansesuai.BerdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwasebagianbesarpesertadidikbelummemenuhituntutankompetensisesuaidenganKurikulum2013.Kompetensiyangdirasakurangadalahpadaranahsikapdanketerampilanprosespesertadidiksehinggaberdampakpulapadaranahpengetahuanpesertadidik.SalahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahyangsesuaidengantuntutanKurikulum2013.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahdalammeningkatkansikappengetahuandanketerampilanprosespesertadidik.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanpadamateriAnimaliaselama2sikluspenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaobservasidantes.Ranahsikappesertadidikdiukurmenggunakanlembarobservasisikap.Ranahpengetahuanpesertadidikdiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Keterampilanprosespesertadidikdiukurmenggunakanlembarobservasiketerampilanproses.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaranahsikappengetahuandanketerampilanprosesmengalamipeningkatan.BerdasarkanhasilobservasiranahsikappadasiklusIsebesar7152%mengalamipeningkatanmenjadisebesar8696%padasiklusII.HasilranahpengetahuanpesertadidikpadasiklusIsebesar7027%meningkatmenjadisebesar8649%padasiklusII.RanahketerampilanprosespesertadidikjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar7703%menjadisebesar9023%padasiklusII.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanpembelajaranmelaluipendekatanilmiahdapatmeningkatkansikappengetahuandanketerampilanprosespesertadidikkelasXMIA4SMAN3Malang.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiberikansarandiantaranya1)dalampembuatanindikatorranahsikapharusdisesuaikandengankompetensiyangdiharapkandimilikipesertadidik2)pengelolaanwaktudalamprosespembelajaranharusdisesuaikandengankondisipesertadidikterutamadalamkegiatanmengamatidanmencobadan3)indikatoryangdigunakandalamketerampilanprosesharusjelasdandapatdibedakandenganindikatorsikap.