Penerapan pendekatan kontektual dengan model Rhink Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-MS4 SMA Negeri 1 Lawang, Malang / Rara Prasetyan
Main Author: | Prasetyan, Rara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24985/ |
Daftar Isi:
- PrasetyanRara.2014.PenerapanPendekatanKontekstualDenganModelThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-MS4SMANegeri1LawangMalang.SkripsiJurusanBiologiProdiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.M.NoviarDarkuniM.Kes.(II)Drs.H.TriastonoI.P.M.Pd.KataKunciPendekatanKontekstualModelThinkPairShareMotivasiHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasX-MS4SMANegeri1LawangpadasaatkegiatanPPLyangdilakukanseminggusekalidenganmetodeceramahdiperolehdatabahwahampir40%siswaterlihatmalasdankurangmemperhatikanpenjelasangurusaatprosespembelajaranmotivasibelajarsiswajugamasihkurang.KetuntasanbelajarklasikalsiswauntukmatapelajaranBiologipadaujianakhirsekolah(UAS)hanya366%.UntukmengatasimasalahtersebutperluditerapkanpendekatankontekstualdenganmodelpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS).Pendekatankontekstualadalahsuatupembelajaranyangmengaitkanpelajarandengankehidupannyata.ModelpembelajarankooperatifTPSmerupakanmodelpembelajaranyangmemberikankesempatanlebihbanyakkepadasiswauntukberpikirsecaraindividu(Think)bekerjasamadengantemansebangku(Pair)dansalingberbagisatusamalain(Share).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklusdengantujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-MS4SMANegeri1Lawangyangberjumlah30siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan16siswaperempuanmelaluipendekatankontekstualdenganmodelpembelajaranTPS.Pengambilandatadilaksanakanpadatanggal4Maret-25Maret2014.Datapenelitianberupamotivasibelajardanhasilbelajarsiswapadaranahkognitif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapendekatankontekstualdenganmodelpembelajarankooperatifTPSdapat(1)meningkatkanmotivasibelajarBiologisiswasebesar1555%yaitu6556%motivasiklasikalpadasiklusImenjadi8111%padamotivasiklasikalsiklusII(2)meningkatkanhasilbelajarsiswapadaranahkognitifsebesar3334%yaitudari5333%padasiklusImenjadi8667%padasiklusII(3)keterlaksanaanpembelajaranmenggunakanpendekatankontekstualdenganmodelpembelajaranTPSmeningkat13%yaitu87%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatankontekstualdenganmodelThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-MS4SMANegeri1LawangMalang.SaranbagigurudanpenelitiberikutnyaadalahuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadapatmenerapkanpendekatankontekstualdenganmodelpembelajaranTPSguruharuslebihmemperhatikansintaksdalampembelajaranmenggunakanpendekatankontekstualdenganmodelTPS.