Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri dengan sumber belajar Kebun Raya Purwodadi untuk mengembangkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa kelas VII SMPN 1 Purwosari / Rizqa Radhiyah
Main Author: | Radhiyah, Rizqa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24974/ |
Daftar Isi:
- RadhiyahRizqa.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranEkosistemBerbasisInkuiridenganSumberBelajarKebunRayaPurwodadiuntukMengembangkanPemahamanKonsepKeterampilanProsesSainsdanSikapIlmiahSiswaKelasVIISMPN1Purwosari.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dra.EkoSriSulasmiM.SKataKunciperangkatpembelajaraninkuiripotensilokaldaerahpemahamankonsepketerampilanprosessainsikapilmiah.PembelajaranIPApadaKurikulum2013merupakanpembelajaranyangmenekankanpadapendidikanyangbertujuanuntukmewujudkansuasanabelajardanprosespembelajaranagarpesertadidiksecaraaktifdapatmengembangkanpotensidirinyasehinggamemilikikekuatanspiritualkeagamaanpengendaliandirikecerdasanakhlakmuliasertaketerampilanyangdiperlukandirinyadanmasyarakatdilingkungansekitarnya.Pembelajaraninkuiritidakhanyamelatihuntukbelajarmandiritetapijugamemotivasisiswaagarberperanaktifdanefisiendalambelajarsehinggaupayapenuntasanhasilbelajarsiswadapatdicapaisecaraserentak.Pembelajaraninkuirimemilikitahapankegiatanpembelajaranyaitu1)mengidentifikasidanmenetapkanruanglingkup2)merencanakandanmemprediksihasil3)menyelidikiuntukmengumpulkandata4)menginterpretasidanmengembangkankesimpulan5)melakukanrefleksihasilbelajar.12288122881228812288Pengembanganperangkatpembelajaranekosistemberbasisinkuiriinimengadaptasimodelpengembangan4-DdariThiagarajan(1974).Tahappengembangannyaadalah1)defineataupendefinisian2)designatauperancangan3)developataupengembangandan4)dissaminateataupenyebarantetapipengembanganperangkatpembelajaraninidibatasisampaipadatahapdevelopataupengembangan.12288122881228812288Ujikepraktisandankeefektifiandilakukansetelahperangkatpembelajarandivalidasiolehvalidatorahliyaitu1dosendan1praktisilapangan.Hasilvalidasioleh2validatordiperolehpersentaseskoradalah9875%.Hasilujikepraktisanmemperolehpersentaseskordaripraktisi8825%dandarimahasiswapengamat9075%.Hasilpengisianangketresponsiswamenunjukkanskorrata-ratatotal9500%dengankomentar/saranyangpositifterhadappembelajaranyangtelahdilakukan.Hasilujikeefektifanpadaranahpemahamankonsepmemperoleh80%siswatelahmampumenguasaikonsepekosistemdenganKKM80untukketerampilanprosessainsdiperoleh97%siswadanuntuksikapilmiahsiswadiperoleh100%.12288122881228812288Saranpemanfaatanperangkatinibahwapembelajaranekosistemdenganmenggunakansumberbelajaryangberbedamakaperluadanyapenyelarasanantaraperangkatpembelajarandengansumberbelajaryangdigunakantersebut.Saranpengembanganperangkatpembelajarandapatmenggunakanmaterilaindanmenggunakansumberbelajarlainnyayangdisesuaikandengankebutuhankompetensiintidankompetensidasaryangtelahditentukan.