Pengembangan perangkat pembelajaran klasifikasi tumbuhan berbasis discovery-inquiry dengan sumber belajar Kebun Raya Purwodadi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwosari / Cinthia Martiana

Main Author: Martiana, Cinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24973/
Daftar Isi:
  • MartianaCinthia.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranKlasifikasiTumbuhanBerbasisDiscovery-InquirydenganSumberBelajarKebunRayaPurwodadiuntukSiswaKelasVIISMPNegeri1Purwosari.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Ir.NugrahaningsihM.P.KataKunciKebunRayaPurwodadiDiscovery-InquirySikapIlmiahKeterampil-anProsesSainsPemahamanKonsepSMPNegeri1Purwosari122881228812288PotensikeunggulanlokaldalamKurikulum2013dianjurkandigunakandalampembelajaranIPA.PembelajaranIPAdapatdiperkuatdenganmenggunakanpembelajaranyangberbasisdiscovery-inquiry.Pembelajarandapatberjalanlancarjikaperencanaanpembelajarandibuatlebihdulusebelumpembelajarandilakukan.Perencanaanpembelajaranyangtepatakanberimbaspadapelaksanaanpembelajaranyangefektifsehinggaperludikembangkanperangkatpembelajaranberbasisdiscovery-inquirydenganmenggunakansumberbelajarkeunggulanlokaluntukmenunjangprosespembelajaran.122881228812288ProsespembelajaranyangdilaksanakandiSMPNegeri1Purwosaribelummemanfaatkansumberbelajarkeunggulanlokalsecaraoptimalkarenasumberbelajaryangdigunakanhanyasebataslingkungansekolah.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranklasifikasitumbuhanuntuksiswaSMPkelasVIIyangsesuaidenganKurikulum2013denganmenggunakansumberbelajarKebunRayaPurwodadiKabupatenPasuruan.122881228812288Datadalampenelitiandanpengembanganiniada2yaitudatakuantitatifdandatakuantitatif.Datakuantitatifdiperolehdarihasilskorangketvalidasiskorpemahamankonsepsiswadanskorketerampilanprosessainssertaskorsikapilmiahsiswaselamaujicoba.Datakualitatifdiperolehdarisaranataukomentaryangdiberikanpadasaatvalidasi.Validatordalampenelitiandanpengembanganiniada3yaituvalidatorahliperangkatahlimateridanahlilapangan.122881228812288Hasilvalidasimenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanvaliddenganrinciansilabusyangmemillikivaliditas943%RPPmemilikivaliditas952%handoutmemilikivaliditas982%daninstrumenpenilainyangdikembangkanmemilikivaliditas981%.Perangkatyangdikembangkanmemilikitingkatefektivitas78%.Halinimenunjukkanbahwaperangkatyangdikembangkansudahcukupefektifdarisegipencapaiantujuanpembelajarannamunperludilakukanperbaikanagartujuanpembelajaranyangtelahditentukandapatdicapaisecaraoptimal.HasilujicobamenunjukkanbahwasiswakelasVII-imemilikisikapilmiah843%danketerampilanprosessains823%.Hasilujicobatersebutmenunjukkanbahwapembelajaranberbasisdiscovery-inquirydenganmenggunakansumberbelajarKebunRayaPurwodadidapatmengembangkansikapilmiahdanketerampilanprosessainssiswa.PerangkatpembelajaranklasifikasitumbuhanyangtelahdikembangkandapatdimanfaatkanuntuksiswakelasVIIkarenasudahdisesuaikandenganKurikulum2013.