Penerapan model pembelajaran PBL dipadu dengan NHT melalui mlesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bululawang / Yesy Maulina Nadhifah

Main Author: Nadhifah, Yesy Maulina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/24949/
Daftar Isi:
  • NadhifahYesy.2013.PenerapanModelPembelajaranPBLDipadudenganNHTmelaluiLessonStudyuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaKelasXIIPASMAN1Bululawang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.IbrohimM.Si(II)Dra.Hj.HawaTuaritaM.S.KataKuncipembelajaranPBLNHTLessonStudy(LS)kemampuanberpikirkritishasilbelajarProsespembelajaranBiologidikelasXIIPA2SMAN1BuluawangmemilikikecenderunganmenggunakansumberbelajardaribukupaketdanLKSyangdisampaikandenganceramahdandiskusikelompok.Sebagianbesarsiswacenderungmengahafalmateribiologitanpamemahamikonsepkonsepbiologiyangdiberikansertatanpaadapenambahanpemikiranperkembangankonsepkonseptersebut.Halinimembuatkemampuanberpikirkritissiswamenjadikurangterasah.Kemampuanberpikirkritissangatpentinguntuksiswakarenakemampuanberpikiryangrendahiniberdampakpadahasilbelajarsiswa.BerdasarkanhaltersebutdilakukanpenelitiantindakankelasyangbertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaKelasXIIPASMAN1Bululawang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPA2.Penelitiankelasinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatantindakan(observation)danrefleksi(reflection).PadasetiappertemuanmenerapkantahapanLSyaituplandodansee.InstrumenpenelitianiniberupalembarketerlaksanaansintakspembelajaranlembarketerlaksanaanLSangketresponsiswatesessaykemampuanberpikirkritislembarobservasiafektifdantesakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanadalahmengelompokkandatamemaparkandanmenarikkesimpulan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBLdipaduNHTmelaluiLSdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajar(koginitifdanafektif)siswakelasXIIPAdiSMANegeri1Bululawang.PeningkatantersebutdapatdilihatdariperubahanhasilkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologidarisiklusIkesiklusIIyaitukemampuanberpikirkritissebesar85%kognitifsebesar125%danpadaafektifterjadipeningkatansebesar94%.BerdasarkandatatersebutkesimpulandaripenelitianadalahmodelpembelajaranPBLdipadudenganNHTmelaluiLSdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologi.