Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, menjawab, dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang / Aditya Wening P.B.S
Main Author: | Wening P.B.S., Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24947/ |
Daftar Isi:
- P.B.SAdityaWening.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanKemampuanBertanyaMenjawabdanHasilBelajarIPABiologiSiswaKelasVIIIASMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanBiologiProdiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciKooperatifTPSKemampuanBertanyaKemampuanMenjawabHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangbersamaandengankegiatanPPLdikelasVIIIASMPNegeri4Malangdiperolehdatabahwahampir40%siswaterlihatmalasdankurangmemperhatikanpenjelasandariguru.Aktivitasbertanyadanmenjawabselamaprosespembelajaranmasihkurang.HasilbelajaryangdiperolehdarinilaiUTSketuntasanbelajarklasikalsiswahanya40%.Untukmengatasimasalahterse-butmakaperluditerapkanmodelpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS).ModelpembelajarankooperatifTPSmerupakanmodelpembelajaranyangdapatmenggantisuasanapoladiskusididalamkelasyaitudenganmemberikankesempa-tanlebihbanyakkepadasiswauntukberpikirsecaraindividu(Think)bekerjasamadengantemansebangku(Pair)dansalingberbagisatusamalain(Share).PenelitianinimerupakanPTKyangterdiridari2siklusdengantujuanuntukmeningkatkankemampuanbertanyamenjawabdanhasilbelajarsiswakelasVIIIASMPNegeri4Malangyangberjumlah42siswa19siswalaki-lakidan23siswape-rempuanmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatifTPS.Pengambilandatadilaksanakanpadatanggal10Mei-15Juni2013.Datapenelitianberupakemampuanbertanyamenjawabdanhasilbelajarsiswaaspekkognitifafektifdanpsikomotor.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanmodelpembelajarankooperatifTPSdapat(1)meningkatkankemampuanbertanyasiswa.Jumlahsiswayangbertanyameningkatdari23%padasiklusImenjadi40%padasiklusIIkualitaspertanyaansiswame-ningkatdari76padasiklusImenjadi80padasiklusII(2)meningkatkankemam-puanmenjawab.Jumlahsiswayangmenjawabmeningkatdari21%padasiklusImenjadi42%padasiklusIIkualitasjawabansiswamenurundari93padasiklusImenjadi868padasiklusII(3)meningkatkanhasilbelajarklasikalsiswaaspekkognitifdari6904%padasiklusImenjadi8571%padasiklusII(4)meningkatkanhasilbelajarklasikalsiswaaspekafektifdari833%padasiklusImenjadi93%padasiklusII(5)meningkatkanhasilbelajarklasikalsiswaaspekpsikomotordari81%padasiklusImenjadi93%padasiklusII.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkankemampuanbertanyamenjawabdanhasilbelajarIPABiologisiswakelasVIIIASMPNegeri4Malang.