Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbahasa Inggris berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo / Winda Karnila Sari
Main Author: | Sari, Winda Karnila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24944/ |
Daftar Isi:
- SariWindaKarnila.2013.PengembanganMediaPembelajaranIPATerpaduBerbahasaInggrisBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriSistemPeredaranDarahManusiaUntukSiswaKelasVIIISMPN1JetisPonorogo.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.(II)HendraSusantoS.PdM.Kes.KatakuncimediapembelajaranIPAterpadumultimediainteraktifmaterisistemperedarandarahtekanandanhukumfisika12288122881228812288PembelajaranIPAdiSMPseharusnyadilaksanakansesuaidenganPeraturanPemerintah(PP)danKurikulum.TetapikebanyakansekolahmasihmemisahkanpelajaranIPAmenjadiBiologiFisikadanKimia.Pendidikmelakukanprosespembelajarandenganmediayangkurangmenariksehinggasiswatidaktertarikpadaprosespembelajarandanberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.Multimediadenganbahasainggrissebagaibahasapengantarmasihjarangsehinggasekolahdengankonsepbilingualagakkesulitanmencarimediayangtepatuntukprosespembelajaran.Materisistemperedarandarahmanusiaadalahsalahsatumateriyangmemilikikonsepfisikadansulitdipahamisiswa.SehubungandenganhaltersebutsalahsatualternatifuntukmengatasimasalahadalahberupamediapembelajaranIPAterpaduberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifyangdapatmenjelaskankonsepIPAsecaraterpadudenganmengintegrasikanteksgrafikgambaranimasidanvideo.12288122881228812288PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifdenganmaterisistemperedarandarahdipadudengantekanandanhukumfisikauntuksiswakelasVIIISMPN1JetisPonorogo.PengembanganprodukberdasarkanprosedurpengembanganThiagarajandkk(1974)yangseringdisebutdenganmodel4Ddengan4tahapan.Penelitianinidibatasisampaitahapanke3yaitutahapanDevelop.Langkahterakhirpadatahapandevelopadalahexpertappraisal(validasiproduk)dandevelopmentaltesting(ujicobaproduk).Validasiprodukdilakukanolehahlimediaahlimateriahlipraktisilapangansedangkanujicobalapangandilakukanoleh19siswakelasVIIIyangtelahmengikutiprosespembelajarandenganprodukmultimediainteraktif.12288122881228812288Hasilpenelitianpegembanganinisudahmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifdenganmaterisistemperedarandarahdipadudengantekanandanhukumfisika.Multimediapembelajaraninteraktifinitelahdivalidasiolehahlimediaahlimateridanahlipraktisilapangandenganhasilsangatvalidsehinggalayakdigunakansebagaialternatifpembelajarandikelas.Berdasarkanhasilyangtelahdiperolehtersebutdisarankansupayamediapembelajaraniniditelitilebihlanjutdenganditerapkanpadapembelajarandikelasuntukmelihatpengaruhnyapadamotivasidanketertarikansiswa.