Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbahasa Inggris berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo / Winda Karnila Sari

Main Author: Sari, Winda Karnila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24944/
Daftar Isi:
  • SariWindaKarnila.2013.PengembanganMediaPembelajaranIPATerpaduBerbahasaInggrisBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriSistemPeredaranDarahManusiaUntukSiswaKelasVIIISMPN1JetisPonorogo.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.(II)HendraSusantoS.PdM.Kes.KatakuncimediapembelajaranIPAterpadumultimediainteraktifmaterisistemperedarandarahtekanandanhukumfisika12288122881228812288PembelajaranIPAdiSMPseharusnyadilaksanakansesuaidenganPeraturanPemerintah(PP)danKurikulum.TetapikebanyakansekolahmasihmemisahkanpelajaranIPAmenjadiBiologiFisikadanKimia.Pendidikmelakukanprosespembelajarandenganmediayangkurangmenariksehinggasiswatidaktertarikpadaprosespembelajarandanberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.Multimediadenganbahasainggrissebagaibahasapengantarmasihjarangsehinggasekolahdengankonsepbilingualagakkesulitanmencarimediayangtepatuntukprosespembelajaran.Materisistemperedarandarahmanusiaadalahsalahsatumateriyangmemilikikonsepfisikadansulitdipahamisiswa.SehubungandenganhaltersebutsalahsatualternatifuntukmengatasimasalahadalahberupamediapembelajaranIPAterpaduberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifyangdapatmenjelaskankonsepIPAsecaraterpadudenganmengintegrasikanteksgrafikgambaranimasidanvideo.12288122881228812288PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifdenganmaterisistemperedarandarahdipadudengantekanandanhukumfisikauntuksiswakelasVIIISMPN1JetisPonorogo.PengembanganprodukberdasarkanprosedurpengembanganThiagarajandkk(1974)yangseringdisebutdenganmodel4Ddengan4tahapan.Penelitianinidibatasisampaitahapanke3yaitutahapanDevelop.Langkahterakhirpadatahapandevelopadalahexpertappraisal(validasiproduk)dandevelopmentaltesting(ujicobaproduk).Validasiprodukdilakukanolehahlimediaahlimateriahlipraktisilapangansedangkanujicobalapangandilakukanoleh19siswakelasVIIIyangtelahmengikutiprosespembelajarandenganprodukmultimediainteraktif.12288122881228812288Hasilpenelitianpegembanganinisudahmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbahasainggrisberbasismultimediainteraktifdenganmaterisistemperedarandarahdipadudengantekanandanhukumfisika.Multimediapembelajaraninteraktifinitelahdivalidasiolehahlimediaahlimateridanahlipraktisilapangandenganhasilsangatvalidsehinggalayakdigunakansebagaialternatifpembelajarandikelas.Berdasarkanhasilyangtelahdiperolehtersebutdisarankansupayamediapembelajaraniniditelitilebihlanjutdenganditerapkanpadapembelajarandikelasuntukmelihatpengaruhnyapadamotivasidanketertarikansiswa.