Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division dipadu Numbered Heads Together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Novia Ernani Nawangsari
Main Author: | Nawangsari, Novia Ernani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24937/ |
Daftar Isi:
- NawangsasiNoviaErnani.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranKooperatifStudentTeamsAchievementDivisionDipaduNumberedHeadsTogetherTerhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXSMALaboratoriumUM.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.IbrohimM.Si(2)Drs.H.M.NoviarDarkuniM.Kes.KataKunciStudentTeamsAchievementDivision(STAD)NumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiHasilBelajar.12288122881228812288PenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengetahuikeefektifanmodelpembelajarankooperatifStudentTeamsAchievementDivisiondipaduNumberedHeadsTogetherterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXSMALaboratoriumUM.Masalahyangditemukanpadasaatobservasidanwawancarapadasiswaadalahrendahnyamotivasiyangdapatmempengaruhirendahnyahasilbelajarsiswa.12288122881228812288PenelitianinimenggunakansampelsiswakelasX1sebagaikelaskontroldankelasX2sebagaikelaseksperimen.PenelitianinimenggunakanvariabelbebasyaitumodelpembelajarankooperatifSTADdipaduNHT.Variabelterikatyangdigunakanadalahmotivasihasilbelajarkognitifdanhasilbelajarpsikomotorsiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupateskemampuankognitifberupaprestestdanposttestlembarpenilaianpsikomotordanangketmotivasi.DatayangdiperolehdianalisismenggunakanAnakovamelaluiprogramSPSS12.0yangsebelumnyatelahdiujihomogenitasdannormalitasdatanya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanterhadapmotivasibelajarhasilbelajarkognitifdanhasilbelajarpsikomotorantarasiswayangmendapatkanperlakuanSTAD-NHTdengansiswayangmendapatperlakuanSTAD.Halinidapatdilihatdariujihipotesisterhadapmotivasibelajarmenunjukannilaiprobabilitassebesar0437ujihipotesisterhadaphasilbelajarkognitifmenunjukannilaiprobabilitassebesar0383danujihipotesisterhadaphasilbelajarpsikomotormenunjukannilaiprobabilitassebesar0383.Nilaiprobabilitasketigaaspekyangditelitimenunjukanangka8805005.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanterhadapmotivasibelajarhasilbelajarkognitifdanhasilbelajarpsikomotorantarasiswakelasSTAD-NHTdansiswakelasSTADhalinidisebabkankeduamodelpembelajaransama-samamampumeningkatkanaspekyangtelahditeliti.DenganhasiltersebutsaranyangdiperolehadalahkeduamodelpembelajaranyaituSTAD-NHTatauSTADsajasama-samaberpeluangmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswatetapiyanglebihbaikadalahmodelpembelajaranSTAD-NHTkarenanilaihasilujihipotesismenunjukanhasilyanglebihtinggidibandingmodelpembalajaranSTADsaja.