Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kota Malang / Atok Masofyan Hadi
Main Author: | Hadi, Atok Masofyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24929/ |
Daftar Isi:
- HadiAtokMasofyan.2013.PengaruhPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanBerpikirKritisdanPemahamanKonsepBiologiSiswaSMANegeridiKotaMalang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd(II)Dr.MurniSaptasariM.Si.KataKuncikemampuanberpikirkritispemahamankonsepPBL12288122881228812288Biologimerupakanmatapelajaranyangmenekankanpadapentingnyamengembangkankemampuanberpikirdanmemecahkanmasalah.Salahsatukemampuanberpikiryangperludikembangkanadalahkemampuanberpikirkritis.SaatiniperhatianuntukmengembangkankemampuankemampuanberpikirkritisperluditingkatkantermasukbagisiswaSMAdiKotaMalang.Beberapastrategipembelajaranyangditerapkansaatininampaknyabelummampumemfasilitasisiswauntukdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritis.Berbagaiaktivitasbelajarmasihdidominasiolehguru.Dengandemikianpeluangsiswauntukmeningkatkankemampuanberpikirjugamasihrendah.Kemampuanberpikirjugaberkaitaneratdenganpencapaianhasilbelajar.Olehkarenaituseorangguruperlumemilihstrategipembelajaranyangmengakomodasimengembangkankemampuanberpikirkritis.BerdasarkanpermasalahantersebutpenyelesaianyangdapatdiajukanadalahdenganmenerapkanstrategiProblemBasedLearning(PBL).StrategiPBLmenekankanpadakemampuanmemecahkanmasalahyangkompleksdalamkehidupannyata.StrategiPBLyangditerapkanberpeluangmeningkatkankemampuanberpikirkritisyangsekaligusmeningkatkanpemahamankonsep.12288122881228812288TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranPBLterhadapkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswa.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganPretestPosttestNonequivalentGroupDesain.PopulasipenelitianseluruhkelasXIIPASMANegeridiKotaMalang.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA2SMANegeri6MalangsebagaikelaseksperimentmenggunakanstrategiPBLdanXIIPA3SMANegeri6Malangsebagaikelaskontrolmenggunakanstrategikonvensionalyangmasing-masingkelasterdiriatas35siswa.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri6Malangpadamaterisistemekskresidanpernapasansemestergenaptahunpelajaran2012/2013.Kemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswadiukurdenganmenggunakantesessay.DatakemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepdiperolehdarihasilpretestdanposttestselanjutnyadianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisAnakova.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)AdapengaruhstrategiProblemBasedLearningterhadapkemampuanberpikirkritisbiologisiswaSMANegeridiKotaMalangdan(2)AdapengaruhstrategiProblemBasedLearningterhadappemahamankonsepbiologisiswaSMANegeridiKotaMalang.DengandemikianpotensistrategiPBLinihendaknyadimanfaatkandalampembelajarandisekolahterutamapadapembelajaranbiologi.PengaruhstrategiPBLperluditelitipadajenjangyangberbedakarenaterbuktimampumeningkatkankemampuanberpikir.