Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu / Ganang Fajar Ersanto

Main Author: Ersanto, Ganang Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/24924/
Daftar Isi:
  • ErsantoGanangFajar.2013.PenerapanPembelajaranKooperatifTeamsGamesTournamentDipadudenganInkuiriTerbimbingMelaluiLessonStudyuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasX.10SMANegeri1Batu.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd.(2)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KataKunciTeamsGamesTournamentInkuiriTerbimbingLessonStudyMotivasiHasilBelajar.12288122881228812288BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasX.10SMANegeri1Batudiketahuibahwaguruselalumenggunakanmetodepembelajaranyangsamapadatiappertemuanyaitumetodediskusi-presentasi.Berdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwasiswamerasabosankurangsenangdankurangtermotivasidenganmetodepembelajarandiskusi-presentasi.Darikurangnyamotivasisiswatersebutberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.SalahsatualternatifuntukmengatasimasalahtersebutadalahdengancaramenerapkanpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentdipadudenganinkuiriterbimbingmelaluiLessonStudy.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentdipadudenganinkuiriterbimbingmelaluiLessonStudydalammeningkatkanmotivasibelajarsiswadanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentdipadudenganinkuiriterbimbingmelaluiLessonStudydalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.12288122881228812288PenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanmelaluiLessonStudy.TahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksisedangkantahapLessonStudyadalahplandosee.PenelitiandilakukanpadamateriAnimaliaselama2sikluspenelitiantindakankelasdengan8siklusLessonStudy.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaobservasiangketdantes.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanangketmotivasibelajarsiswadanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Sedangkanhasilbelajarsiswadiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.Berdasarkanangketmotivasibelajarsiswameningkatdari62%sebelumdilakukantindakanmenjadi75%setelahdilakukantindakanataumengalamipeningkatansebesar13%.Sedangkanberdasarkanhasilobservasimotivasibelajarsiswameningkatdari68%padasiklusImenjadi88%padasiklusIIataumengalamipeningkatansebesar20%.Hasilbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar50%.PadatesakhirsiklusIketuntasanklasikalsiswasebesar462%sedangkanpadatesakhirsiklusIIketuntasanklasikalsiswasebesar962%.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentdipadudenganinkuiriterbimbingmelaluiLessonStudydapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX.10SMANegeri1Batu.Berdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehsaranyangdapatdiberikanadalahlebihbaikdilakukanujivaliditasterhadapinstrumenyangdigunakan.Haliniditujukanuntukmendapatkandatayanglebihvalid.