Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu dengan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XC SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang / Shofia Nur Islami
Main Author: | Islami, Shofia Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24922/ |
Daftar Isi:
- IslamiShofiaNur.2013.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningdipadudenganPembelajaranKooperatifModelStudentTeams-AchievementDivisionsuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXCSMATamanSiswa(TamanMadya)Malang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd(II)SofiaEryRahayuS.PdM.Si.KataKunciPBLSTADmotivasihasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSMATamanSiswa(TamanMadya)MalangdiketahuibahwamotivasisiswadalammengikutipelajaranBiologimasihcukuprendah.Padasaatgurumemberipertanyaanataumemberikesempatanuntukbertanyahanyasekitar3888%(7siswa)yangmenjawabpertanyaansiswayanglainnyamengobroldiluarmateripelajaranataubermainHP.Selainituberdasarkanhasilobservasimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswasecaraklasikalmasihbelumtuntasyakni50%denganKKM75.Haltersebutdimungkinkankarenapenggunaanmetodedanstrategipembelajaranyangdigunakanolehguruselamapembelajaranberlangsungcenderungteachercenter.Berdasarkanpermasalahantersebutdiperlukanupayauntukme-nanggulangimasalahtersebutsalahsatunyadenganmenerapkanmodelpem-belajaranPBLdipadudenganpembelajarankooperatifmodelSTAD.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasXCSMATamanSiswa(TamanMadya)Malang.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasyangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksitindakan.PenelitianinidilakukandiSMATamanSiswa(TamanMadya)MalangdengansubyekpenelitiankelasXCyangberjumlah18siswaterdiridari11siswaperempuandan7siswalaki-lakidandilaksanakanpadabulanMaret-April2013.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitulembarobservasiketerlaksanaantindakanlembarobservasimotivasisiswalembarobservasihasilbelajarsiswaranahafektifdanpsikomotorsertasoaltesakhirsiklus.MotivasidikatakanmeningkatapabilamotivasisiswapadasiklusIIsiklusIdanhasilbelajardikatakanmeningkatapabilahasilbelajarsiswapadasiklusIIsiklusI.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBLdipadudenganpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasXCSMATamanSiswa(TamanMadya)Malang.MotivasibelajarsiswasecaraklasikalmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar1112%yaitudari6430%(siklusI)menjadi7542%(siklusII).Hasilbelajarsiswasecaraklasikaljugamengalamipe-ningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar3333%yaitudari5555%(siklusI)menjadi8888%(siklusII).SaranuntukpenelitianselanjutnyadapatmelakukanpenelitianyangsejenispadakompetensidasaryanglainuntukmengetahuikeberhasilanpenerapanmodelpembelajaranPBLdipadudenganpembelajarankooperatifmodelSTADuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.