Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kota Malang / Nurul Iva Andriani

Main Author: Andriani, Nurul Iva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/24914/
Daftar Isi:
  • AndrianiNurulIva.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranCoopertaiveScriptTerhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaKelasXISMAdiKotaMalang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd(II)Drs.H.TriastonoI.PM.Pd.KataKuncikemampuanberpikirkritishasilbelajarcooperativescriptKecenderunganpembelajaranIPA(khususnyaBiologi)padamasakiniadalahpesertadidikhanyamempelajariIPAsebagaiprodukmenghafalkankonsepteoridanhukum.Pesertadidiktidakdibiasakanuntukmengembangkanpotensiberpikirnya.PadahalpadapembelajaranBiologisiswadiharapkandapatmemberdayakankemampuanberpikirnyasehinggadapatmencapaihasilbelajaryangtinggi.Kemampuanberpikirkritissangatpentinguntukmenunjangkehidupanyangpenuhtantangandieraglobalisasiini.Kegiatanpembelajaranyangcenderungmenjadikansiswauntukmenghafalkankonsepmengakibatkankemampuanberpikirkritissiswarendah.ModelpembelajaranCooperativeScriptdapatmelatihketerampilanberpikirkritissiswadalammenganalisismerangkumdankegiatandiskusisertadapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa.ModelpembelajaranCooperativeScriptmemberikankesempatansiswauntukberinteraksidengansiswalainnyayangakanmenimbulkanterjadinyakesepakatandiskusipenyampaianpendapatsalingmengingatkandarikesalahankonsepyangdisimpulkandanmembuatkesimpulanbersamasehinggadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranCooperativeScriptterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXISMAdikotaMalang.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuatauquasiexperimentdengandesainpenelitianNon-equivalentControlGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMAdikotaMalangsemestergenaptahunpelajaran2012/2013.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA1danXIIPA3SMABrawijayaSmartSchoolMalang.Instrumenpenelitianterdiriatasrubrikkemampuanberpikirkritisyangterintegrasidengantesesaidansoaltesuntukmengaseskemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.Tesesaidilaksanakanpadaawaldanakhirpembelajaran.DatahasilpenelitiankemudiandianalisismenggunakanANAKOVA.Pengujianterhadapkonsistensipelaksanaansintakspembelajarandilakukandengananalisisregresi.Pengujianhipotesisdilakukanpadatarafsignifikansi005.SeluruhanalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS17.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)modelpembelajaranCooperativeScriptberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXISMAdikotaMalang.KemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimendenganmetodeCooperativeScriptlebihtinggidaripadakelaskontrol.Dalampenelitianinipeningkatankemampuanberpikirkritissiswaadalahsebesar6850%danpadametodekonvensionalsebesar4136%.(2)ModelpembelajaranCooperativeScripttidakberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXISMAdikotaMalang.Halinidimungkinkandapatdisebabkanolehpenilaianteshasilbelajarkognitifsiswayangtidakmenggunakanrubrik.Faktorlainyangmungkinterjadidanmempengaruhihipotesisantaralainmotivasisiswaterhadapmateripelajarankondisisosialekonomikejiwaansiswapadasaattes.Terkaithasilpenelitiantersebutmakapenelitimemberikansaranagarpenelitiansejenisperludikembangkanpadaberbagaijenjangpendidikan.Guruharusbersikaptegasagarpelaksanaanlangkah-langkahdalampembelajaranberjalankonsistensesuaisintaks.Selainitugurujugaharusdapatmengaturwaktuseefisienmungkinagarpembelajarandapatberjalansesuaidenganrencanapelaksanaanpembelajaran.GuruyangakanmenggunakanmodelCooperativeScripthendaknyamelakukanperencanaantentangsettingpengelolaankelasagarsiswatidakjenuhdalambelajarmenggunakanmodelCooperativeScriptyangberulang-ulang.Penilaiantessebaiknyadilakukanberdasarkanrubrikpenilaianagartidakterjadikelalaiandalammelakukanpenilaian.