Implementasi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division dipadu dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas X-I MAN Malang 1 / Restu Megadiana Sukoco
Main Author: | Sukoco, Restu Megadiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24913/ |
Daftar Isi:
- SukocoRestuMegadiana.2013.ImplementasiPembelajaranKooperatifStudentTeamsAchievementDivisiondipadudenganProblemBasedLearninguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirSiswaKelasX-IMANMalang1.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciPembelajarankooperatifSTADPBLkemampuanberpikir.12288122881228812288HasilwawancaradengangurubiologisiswasertahasilobservasisecaralangsungdikelasX-IMANMalang1ditemukanbeberapapermasalahandiantaranyaadalahmetodepembelajaranbiologiyangditerapkancenderungteachercenteredyangmengakibatkanketerampilanberpikirsiswamasihrendah.Halinidapatdiamatidaripertanyaandanjawabanyangdiajukansiswadalamkegiatanpembelajaranmasihtergolongpertanyaandengantingkatkognitifrendah.SalahsatupembelajaranyangdianggapsesuaiuntukmenyelesaikanpermasalahantersebutadalahpembelajarankooperatifSTADdipadudenganPBL.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.PenelitianinidilaksanakanmulaibulanMaret2013sampaibulanApril2013.SubjekpenelitianadalahsiswakelasX-IMANMalang1yangberjumlah21siswayangterdiridari10siswalaki-lakidan11siswaperempuan.DatayangdikumpulkanberupadataketerlaksanaanpembelajaranPBLdipaduSTADdandatakemampuanberpikirsiswa.12288122881228812288HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaimplementasipembelajarankooperatifSTADdipadudenganPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswakelasX-IMANMalang1.Halinididasarkanpadameningkatnyakemampuanberpikirsiswayangdinilaimelaluitesdannontes.Pencapaiankemampuanberpikirsiswayangdinilaimelaluitesmeningkatdari3114padasiklusImenjadi5809padasiklusII.Kemampuanberpikirsiswayangdinilaimelaluinontesberupakemampuanbertanyasiswaselamapembelajaranmeningkatdari4285%padasiklusImenjadi7738%padasiklusII.Sedangkankemampuanberpikirsiswayangdinilaimelaluinontesberupakemampuanmenjawabselamapembelajaranmeningkatdari5476%padasiklusImenjadi9047%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianyangdilaksanakanmakasarandalampenelitianiniadalahimplementasipembelajarankooperatifSTADdipadudenganPBLdapatdijadikanalternatifsebagaiupayauntukmeningkatkanketerampilanberpikirsiswa.