Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Malang / Yunida Risqe Amelia

Main Author: Amelia, Yunida Risqe
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24906/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranInkuiriTerbimbingLessonStudymotivasihasilbelajarBerdasarkanhasilobservasidandiskusidengansiswadangurubidangstudiBiologikelasVIISMPNegeri16MalangpadabulanJanuari-Maret2012diketahuibahwakeadaanpembelajaranyangdilakukancenderungmonotonguruseringmenggunakanmetodeceramah.Selainitusiswacenderungpasifdalambelajardanmotivasibelajarsiswamasihrendah.Kemampuanakademiksiswatergolongrendahdari46siswayangadahanya48%yangtuntasbelajar.HalinimenunjukkanmasihbanyaksiswayangmasihbelummencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yangditentukanolehsekolah.Caramengatasipermasalahanyangtimbuldikelasadalahdenganmencarijalankeluaragarpembelajaranlebihefektif.Salahsatunyadenganmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudy.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudyterhadapmotivasidanhasilbelajarkognitifsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIdiSMPNegeri16Malang.SampelpenelitianadalahkelasVIIGsebagaikelaskontrol(diajardenganpembelajarankonvensionalberbasislessonstudy)dankelasVIIHsebagaikelasperlakuan(diajardenganmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudy).Analisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahanakovauntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudyterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudyberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswayangditunjukkandenganhasilbahwasiswakelasperlakuanyangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudymempunyaireratapeningkatanmotivasi2.70%lebihtinggidibandingkandengankelaskontrolyangdiajardenganmengggunakanstrategipembelajarankonvensionalberbasislessonstudy.Strategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudyberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswayangditunjukkandenganhasilbahwasiswakelasperlakuanyangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudymempunyaireratapeningkatanhasilbelajarkognitif7.12%lebihtinggidibandingkandengankelaskontrolyangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajarankonvensionalberbasislessonstudy.Darihasilpenelitiantersebutdapatdiketahuibahwastrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbasislessonstudymemilikipotensiuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarkognitifsiswa.