Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe problem posing dipadu think pair share melalui lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X-7 SMA Negeri 7 Malang / Denok Kurnia Sari
Main Author: | Sari, Denok Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24904/ |
Daftar Isi:
- KurniaSariDenok.2013.PenerapanStrategiPembelajaranKooperatifTipeProblemPosingdipaduThinkPairSharemelaluiLessonStudyuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-7SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)Dra.EkoSriSulasmiM.S.KataKuncipembelajarankooperatifproblemposingthinkpairsharelessonstudykemampuanberpikirkritishasilbelajarbiologi.12288122881228812288Upayamenumbuhkembangkankemampuanberpikirkritismemerlukanmodelpembelajaranyangtepatsehinggakualitaspembelajarandapatditingkatkan.Lessonstudy(LS)merupakankegiatankolaboratifyangdapatmeningkatkankeprofesionalangurusertamemperbaikikualitaspembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifdanafektifsiswakelasX-7SMANegeri7Malang.12288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkualitatifuntukmendeskripsikanpermasalahanpembelajaransertadampakpenerapanstrategipembelajarankooperatiftipeProblemPosing(PP)dipaduThinkPairShare(TPS)melaluiLS.DatakemampuanberpikirkritisyaituskorjawabansoaltesberpikirkritisdanpersentasetingkatpertanyaankognitifC4-C6.Datakemampuanberpikirkritisdiukurdenganlembarpertanyaankognitifsiswa(lembarProblemPosing)dansoalteskemampuanberpikirkritis.Datahasilbelajarkognitifyaituskorjawabansoalteskognitifdandatahasilbelajarafektifberupaskorjawabanangket.Datahasilbelajarkognitifdiukurmenggunakansoalteskognitifsedangkanhasilbelajarafektifdiukurmenggunakanangketsikapsiswa.12288122881228812288Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwapenerapanstrategipembelajarandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajar.Persentasekemampuanberpikirkritismelaluipertanyaankognitif(C4-C6)meningkatdarisiklus1ke3berturut-turutyaitu50%60%dan6667%.Persentasejumlahsiswadalamkategorisangatkritismeningkatdarisiklus1ke3berturut-turutyaitu20%325%dan100%.Persentaseketuntasanklasikalhasilbelajarkognitifmeningkatmeningkatdarisiklus1kesiklus3berturut-turutyaitu85%975%dan100%.Nilairata-ratakelashasilbelajarafektifmeningkatdarisiklus1ke3berturut-turutyaitu76688238dan8240.KegiatanPTKmelaluiLSperludilakukandandikembangkanolehguruuntukmeningkatkankualitasgurudanpembelajaran.HambatanterbesarpelaksanaanLSadalahkurangnyapemahamantentangLSsertakesadaranguruuntukmerefleksidirinyasendiri.Solusinyaadalahmenanamkankesadaranpadadiriuntukselalumeningkatkankualitasdiridenganmelakukanrefleksidiri.GuruyangakanmelaksanakankegiatanLSperlumemahamiLSdancaramelaksanakannyaterlebihdahulu.PTKmelaluiLSsangatperludikembangkankarenabermanfaatuntukmeningkatkankualitaspembelajarankeprofesionalangurudanmemudahkanpelaksanaanPTK.PenerapanstrategipembelajarankooperatiftipePPdipaduTPSperludirekomendasikankepadagurukarenadapatmelatihdanmeningkatkankemampuanberpikirkritissertahasilbelajarsiswa.