Perbandingan potensi antara strategi pembelajaran TPS dan jigsaw dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, retensi dan hasil belajar biologi siswa berkemampuan akademik rendah pada SMA yang berbeda / Ria Novita Ayu Komalasari
Main Author: | Komalasari, Ria Novita Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24897/ |
Daftar Isi:
- KatakuncithinkpairsharejigsawketerampilanmetakognitifretensihasilbelajarkognitifPendidikannasionalharusmampumenjaminpemerataankesempatanpendidikanpeningkatanmutudanrelevansisertaefisiensimanajemenpendidikan.NamunsistempendidikandiKotadanKabupatenMalangyangmengaturtentangtatacarapenerimaansiswabarusecaraonlinedenganberpatokanpadaMPL(MinimumPassingLevel)NUNdapatmembatasisiswauntukmemperolehkesempatanpendidikanyangsama.Polapenerimaansiswabaruyangdilakukandenganmenggunakanpolatersebutmengakibatkantimbulnyapolarisasiantarsekolahyaituadanyasekolah-sekolahyangberkualifikasitinggidansekolahyangberkualifikasirendah.PadasekolahyangberkualifikasitinggiberkumpullahsiswayangmemilikiNUNtinggi.BegitupulasebaliknyasekolahyangberkualifikasirendahdidominasiolehsiswayangmemilikiNUNrendahataubahkanmungkintersisihdariPSBsecaraonline.Kondisiyangmemprihatinkanyangterjadipadasekolah-sekolahyangberkualifikasirendahadalahselainsiswa-siswiyangbersekolahdisanaadalahsiswayanghomogenyaitusama-samamemilikitingkatakademikyangrendahkondisipembelajaranyangberlangsungjugamasihbelummelibatkanperansiswasecaraaktif.Jikakondisiyangdemikianterusberlanjutmakatujuanpendidikannasionalyangmenginginkanadanyapemerataanpendidikanpeningkatanmutudanrelevansisertaefisiensimanajemenpendidikantidakakantercapaikarenasiswayangbersekolahpadasekolahberkualifikasirendahakanjauhtertinggalbaikdarisegipembelajarannyamaupunfasilitaspenunjangpembelajaran.BerdasarkanhasilobservasidiSMAIslamMalangdanSMAPGRILawangdiketahuibahwakeduasekolahtersebuttergolongkedalamsekolahberlevelakademikrendah.KesimpulantersebutselaindidasarkanpadadataobservasiawaldanwawancarayangtelahdidapatkanjugadidasarkanpadadatadariDiknasPendidikanKotadanKabupatenMalang.IndikasiyangnampakpadasiswayangbersekolahpadalevelakademikyangrendahadalahrendahnyanilaiUNyangdidapatkanselainitusiswayangmemilikilevelakademikrendahmemilikihasilbelajaryangrendahketerampilanmetakognitifyangrendahkarena100%siswamasihbelummemilikipengaturandiriterhadapprosesbelajarnyadandayaingat(retensi)yangrendahpula.Meskipuninputdarisiswatergolongrendahnamundiharapkanterjadipeningkatanoutputbagisiswa-siswatersebut.Perlunyasuatustrategipembelajaranyangsesuaiagarsiswa-siswatersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarkemampuanmetakognitifdanretensisehinggasiswayangbersekolahdisekolahberkualifikasirendahmemilikidayasaingdengansekolah-sekolahberkualifikasitinggi.BerdasarkanhaltersebutpenelitibermaksudmelakukanpenelitianyangbertujuanuntukmembandingkanpotensistrategipembelajaranTPSdanJigsawterhadapketerampilanmetakognitifretensidanhasilbelajarBiologisiswaberkemampuanakademikrendah.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimental(QuasiExperimentalResearch)denganmenggunakansampelkelasXAdiSMAIslamMalangsebagaikelasyangakanditerapkanstrategipembelajaranTPSdankelasX3SMAPGRILawangsebagaikelasyangakanditerapkanstrategipembelajaranJigsaw.Dataketerampilanmetkognitifdidapatkandengancaramenghitungskorjawabanpre-testdanpost-testsiswadenganmenggunakanrubrikmetakognitifyangdikembangkanolehCorebima(2009)kemudiandianalisissecarastatistikmenggunakanAnakova1jalur.Datahasilbelajarkognitifdidapatkandengancaramenghitungskorjawabanpre-testdanpost-testsiswadenganmenggunakanpenilaiannonrubrikyangtelahdibuatolehpenelitikemudiandianalisissecarastatistikmenggunakanAnakova1jalur.Dataretensididapatkandengancaramenghitungskorjawabanpost-testdanretensisiswadenganmenggunakanpenilaianrubrikuntukmengukurretensiketerampilanmetakognitifdanpenilaiannonrubrikuntukmengukurretensihasilbelajarkognitif.SkoryangdiperolehkemudiandianalisissecarastatistikmenggunakanAnakova1jalur.BerdasarkananalisisdatadiketahuibahwaStrategitidakberpengaruhatautidakterdapatperbedaansignifikanantarastrategipembelajaranTPSdanJigsawterhadapketerampilanmetakognitif.StrategitidakberpengaruhatautidakterdapatperbedaansignifikanantarastrategipembelajaranTPSdanJigsawterhadaphasilbelajarkognitif.StrategitidakberpengaruhatautidakterdapatperbedaansignifikanantarastrategipembelajaranTPSdanJigsawterhadapretensiketerampilanmetakognitifmaupunretensihasilbelajarkognitif.Bertitiktolakdaripenelitianinibeberapasaranyangdapatdiajukanpenelitiuntukcalonpenelitidangurusekolahadalah(1)Hendaknyadilakukanpenelitianlebihlanjutterhadapketerampilanmetakognitifsiswabaikolehcalonpenelitiyangakanmelakukanpenelitianataupunolehpihaksekolahdalamhalinigurumatapelajaranterkait.(2)BagigurudalammengajarperluadanyavariasidalamstrategipembelajaransalahsatunyayaituTPSdanJigsawdandapatjugamenerapkanstrategipembelajaranlainnya.(3)Keterampilanmetakognitifsebaiknyaditanamkandandibiasakanpadasiswasedinimungkin.