Pengaruh etnis terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan rtetensi siswa pada pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) kelas X di SMAN 1 Gondanglegi / Dwi Martha Nur Aditya
Main Author: | Aditya, Dwi Martha Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24888/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)ThinkPairShare(TPS)keterampilanmetakognitifhasilbelajarbiologiretensi.Manusiamerupakanmakhlukyangmemilikiperbedaanindividuantarse-sama.Perbedaantersebutdiantaranyaperbedaankaumminoritasetnis/rasagamajeniskelaminkondisiekonomidaerahasal/usulketidakmampuanfisik/mentaldanumur.DaerahKabupatenMalangSelatanGondanglegimerupakansalahsatuwilayahyangmemilikikeragamanperbedaanetnisyaituJawadanMadura.SMAN1Gondanglegidalampembelajaranmenerapkanpembelajaranbehavioristikyangbelummampumengembangkanpenalarandanjalinankomunikasiantarsiswayangmemilikiperbedaanetnis.PembelajaranBiologiseharusnyamenggunakanstrategipembelajarankooperatifdanmemberdayakanpenalaransiswayangtepatyaitudenganstrategipembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)dipaduThinkPairShare(TPS)untukdapatmeningkatkanketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)denganrancanganPretestPosttestNonequivalentGroupDesign.Datayangdiperolehdi-analisismenggunakanstatisticInferensialAnakova.HasilanalisisdatamenunjukkantidakadapengaruhperbedaanetnisterhadapketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswadiSMAN1Gondanglegi.Tarafsignifikansihasilujianakovaketerampilanmetakognitifsiswasebesar0953hasilbelajarsebesar0628retensiketerampilanmetakognitif0717retensihasilbelajar0923.Etnistidakmempengaruhiketerampilanmeta-kognitifhasilbelajarsiswadanretensisiswaakantetapiterdapatpeningkatan.PeningkatanketerampilanmetakognitifetnisJawasebesar19303%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar19785%.PeningkatanhasilbelajaretnisJawa16181%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar17618%.PeningkatanretensiketerampilanmetakognitifetnisJawasebesaretnisJawasebesar243%sedangkanpadasiswaetnisMaduramengalamipenurunansebesar289%.RetensihasilbelajarsiswaetnisJawamengalamipenurunansebesar1679%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar1732%.Perbedaanetnistidakmempengaruhiketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.Penerapanpem-belajarankooperatifPBMPTPSsertastereotypemasing-masingetnismampumemberikandukunganpositifdalamkegiaanpembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandisarankanagarpengajardapatmenerapkanstrategipembelajaranPBMPTPSuntukmemberdayakandanmeningkatkanketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.