Pengaruh etnis terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan rtetensi siswa pada pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) kelas X di SMAN 1 Gondanglegi / Dwi Martha Nur Aditya

Main Author: Aditya, Dwi Martha Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/24888/
Daftar Isi:
  • KataKunciPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)ThinkPairShare(TPS)keterampilanmetakognitifhasilbelajarbiologiretensi.Manusiamerupakanmakhlukyangmemilikiperbedaanindividuantarse-sama.Perbedaantersebutdiantaranyaperbedaankaumminoritasetnis/rasagamajeniskelaminkondisiekonomidaerahasal/usulketidakmampuanfisik/mentaldanumur.DaerahKabupatenMalangSelatanGondanglegimerupakansalahsatuwilayahyangmemilikikeragamanperbedaanetnisyaituJawadanMadura.SMAN1Gondanglegidalampembelajaranmenerapkanpembelajaranbehavioristikyangbelummampumengembangkanpenalarandanjalinankomunikasiantarsiswayangmemilikiperbedaanetnis.PembelajaranBiologiseharusnyamenggunakanstrategipembelajarankooperatifdanmemberdayakanpenalaransiswayangtepatyaitudenganstrategipembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)dipaduThinkPairShare(TPS)untukdapatmeningkatkanketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)denganrancanganPretestPosttestNonequivalentGroupDesign.Datayangdiperolehdi-analisismenggunakanstatisticInferensialAnakova.HasilanalisisdatamenunjukkantidakadapengaruhperbedaanetnisterhadapketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswadiSMAN1Gondanglegi.Tarafsignifikansihasilujianakovaketerampilanmetakognitifsiswasebesar0953hasilbelajarsebesar0628retensiketerampilanmetakognitif0717retensihasilbelajar0923.Etnistidakmempengaruhiketerampilanmeta-kognitifhasilbelajarsiswadanretensisiswaakantetapiterdapatpeningkatan.PeningkatanketerampilanmetakognitifetnisJawasebesar19303%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar19785%.PeningkatanhasilbelajaretnisJawa16181%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar17618%.PeningkatanretensiketerampilanmetakognitifetnisJawasebesaretnisJawasebesar243%sedangkanpadasiswaetnisMaduramengalamipenurunansebesar289%.RetensihasilbelajarsiswaetnisJawamengalamipenurunansebesar1679%sedangkanpadasiswaetnisMadurasebesar1732%.Perbedaanetnistidakmempengaruhiketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.Penerapanpem-belajarankooperatifPBMPTPSsertastereotypemasing-masingetnismampumemberikandukunganpositifdalamkegiaanpembelajaran.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandisarankanagarpengajardapatmenerapkanstrategipembelajaranPBMPTPSuntukmemberdayakandanmeningkatkanketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensisiswa.