Pembelajaran biologi materi sistem regulasi berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batu / Elysa Putri Eka Valentina

Main Author: Valentina, Elysa Putri Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/24887/
Daftar Isi:
  • ValentinaElysaPutriEka.2013.PembelajaranBiologiMateriSistemRegulasiBerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXIdiSMANegeri1Batu.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.IstamarSyamsuriM.Pd.(2)Drs.MasjhudiM.Pd.KataKunciLessonstudyMotivasiHasilBelajar.12288122881228812288BerdasarkanobservasiyangdilakukandikelasXIIPASMANegeri1BatudiperolehhasilbahwasiswakurangtertarikdanmerasabosandenganpembelajaranBiologiyangditerimanya.DarihasilwawancaradengansiswadiketahuibahwametodeyangdilakukangurupadasetiappertemuanadalahdenganmengerjakanLKSdirumahkemudianmembahasLKSpadasetiappertemuannyakadangjugadilakukanpraktikum.Denganadanyamotivasiyangkurangdarisiswamakahasilbelajaryangdiperolehpunjugarendah.Salahsatucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenyusunperencana-anpembelajaranyangefektifdaninovatifyangdapatdiperolehdarilessonstudy.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamelaluipeningkatankualitaspembelajaranyangberbasislessonstudy.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaobservasilangsungtesangketdandokumentasi.Motivasibelajarsiswadiukurdenganobservasilangsungdanangketmotivasi.ObservasilangsungjugadigunakanuntukmengukurketerlaksanaantahapLessonstudysedangkanuntukhasilbelajarsiswadigunakantesyangdilaksanakanpadaakhirsiklus4danakhirsiklus8.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranberbasislessonstudyyangdilaksanakandikelasXIIPA5SMANegeri1Batudapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.DenganadanyapelaksanaanplanyangdilakukanbersamadengantimLessonstudyyangdidasarkanpadahasilseepadasiklussebelumnyadiperolehrancanganpembelajaranyanglebihdapatmengaktifkansiswasehinggamotivasibelajarsiswameningkat.Tingginyamotivasiyangdimilikiolehsiswamembuatmakinmudahnyapenangkapandanpenguasaankonsepolehsiswadanmeningkatkanhasilbelajarnya.Peningkatanmotivasidarihasilobservasipadasaatpra-penelitianadalah50%kemudianpadasaatpenelitianmengalamipeningkatandari58%menjadi98%.Motivasidarihasilangketterjadipeningkatanmotivasidari63%menjadi81%.Sedangkanuntukhasilbelajarsiswadarinilairata-ratakelassaatpra-penelitianadalah75danmengalamipeningkatanpadasaatpenelitiandarinilai84menjadi86.Ketuntasanklasikalyangdidapatkanpadapra-penelitianadalah72%sedangkanpadasaatpenelitianmeningkatmenjadi93%.Dengansemikianlessonstudysebaiknyatetapdibudayakandandilaksanakansecaramerata.