Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKA) model siklus belajar materi sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP / Santi Kusuma Fajarwati

Main Author: Fajarwati, Santi Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24877/
Daftar Isi:
  • KataKunciLKSModelSiklusBelajarhasilbelajar.BahanajaryangdigunakandiSMPPGRI1SingosariadalahLKS.KelebihandariLKSadalahdapatmengefisiensiwaktupembelajarandanjugadapatmengakomodasitigaranahpenilaiansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranbiologidiSMPPGRI1Singosaridiketahuibahwa35%siswatidakmencapaiSKM75padamaterisistempencernaanmanusia.DibutuhkanjugamodelpembelajaranyangmampumengakomodasitigaranahpenilaiansiswamodelpembelajarantersebutadalahmodelSiklusBelajar.Berdasarkanpermasalahanyangditemukandiperlukanadanyapengembanganbahanajaryangsesuaidengankondisinyatasekolahdansiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanLKSmodelSiklusBelajaruntukmaterisistemgerakmanusiadanhubungannyadengankesehatan.PembuatanLKSdenganmodelSiklusBelajar5Ebertujuanuntukmembantusiswadalammemahamisistemgerakmanusiadanhubungannyadengankesehatan.PenelitianinitermasukpenelitianResearchDevelopmentdenganmenggunakanmodelpengembangan4-DThiagarajan.Datakuantitatifberupaskorangketpenilaiandarivalidatorangketresponsiswapenilaianketerlaksanaanujicobanilaiujikompetensisiswaskorangketafektifsiswaskorlembarpenilaianpsikomotorsiswadannilaipretes-postes.Datakualitatifberupamasukandarivalidatordanmasukandarisiswa.Instrumentpengumpulandatayangdigunakanadalahangketvalidasiprodukangketresponsiswalembarobservasiketerlaksanaanujicobaangketafektifsiswalembarobservasipenilaianpsikomotorsiswasoalpretes-postesLKSsiswadanujikompetensisiswa.UjicobaskalaterbatasdilakukankepadasiswakelasVIIIASMPPGRI01Singosariyangberjumlah35orang.HasilvalidasiLKSsiswaolehahlipengembangandanahlipenerapanlapanganmendapatkannilai8778dengankriteriavalid.HasilvalidasiLKSsiswaolehahlimaterimendapatkannilai8519%dengankriteriacukupvalid.Berdasarkandataujicobareratanilaikognitifsiswaadalah8006sedangkanreratanilaihasilbelajarpsikomotorsiswaadalah8304reratahasilbelajarafektifsiswaadalah8008dengankriteriasangatbaik.PenggunaanLKSmodelSiklusBelajarterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.