Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKA) model siklus belajar materi sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP / Santi Kusuma Fajarwati
Main Author: | Fajarwati, Santi Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24877/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLKSModelSiklusBelajarhasilbelajar.BahanajaryangdigunakandiSMPPGRI1SingosariadalahLKS.KelebihandariLKSadalahdapatmengefisiensiwaktupembelajarandanjugadapatmengakomodasitigaranahpenilaiansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranbiologidiSMPPGRI1Singosaridiketahuibahwa35%siswatidakmencapaiSKM75padamaterisistempencernaanmanusia.DibutuhkanjugamodelpembelajaranyangmampumengakomodasitigaranahpenilaiansiswamodelpembelajarantersebutadalahmodelSiklusBelajar.Berdasarkanpermasalahanyangditemukandiperlukanadanyapengembanganbahanajaryangsesuaidengankondisinyatasekolahdansiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanLKSmodelSiklusBelajaruntukmaterisistemgerakmanusiadanhubungannyadengankesehatan.PembuatanLKSdenganmodelSiklusBelajar5Ebertujuanuntukmembantusiswadalammemahamisistemgerakmanusiadanhubungannyadengankesehatan.PenelitianinitermasukpenelitianResearchDevelopmentdenganmenggunakanmodelpengembangan4-DThiagarajan.Datakuantitatifberupaskorangketpenilaiandarivalidatorangketresponsiswapenilaianketerlaksanaanujicobanilaiujikompetensisiswaskorangketafektifsiswaskorlembarpenilaianpsikomotorsiswadannilaipretes-postes.Datakualitatifberupamasukandarivalidatordanmasukandarisiswa.Instrumentpengumpulandatayangdigunakanadalahangketvalidasiprodukangketresponsiswalembarobservasiketerlaksanaanujicobaangketafektifsiswalembarobservasipenilaianpsikomotorsiswasoalpretes-postesLKSsiswadanujikompetensisiswa.UjicobaskalaterbatasdilakukankepadasiswakelasVIIIASMPPGRI01Singosariyangberjumlah35orang.HasilvalidasiLKSsiswaolehahlipengembangandanahlipenerapanlapanganmendapatkannilai8778dengankriteriavalid.HasilvalidasiLKSsiswaolehahlimaterimendapatkannilai8519%dengankriteriacukupvalid.Berdasarkandataujicobareratanilaikognitifsiswaadalah8006sedangkanreratanilaihasilbelajarpsikomotorsiswaadalah8304reratahasilbelajarafektifsiswaadalah8008dengankriteriasangatbaik.PenggunaanLKSmodelSiklusBelajarterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.