Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsruktivisme dengan model siklus belajar (Learning Cycle) lima fase materi gerak pada tumbuhan untuk kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang / Rizki Christyarini Prihanti

Main Author: Prihanti, Rizki Christyarini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24858/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodulkonstruktivismesiklusbelajarBerdasarkanwawancaraterhadapgurubiologidiSMPN13MalangpadaNovember2011ditemukanfaktabahwadalamkegiatanpembelajaranbiologibanyakdilakukandenganmetodediskusidanpresentasinamunperanansiswadalamdiskusikelompokmasihdidominasiolehsiswa-siswayangpandaisedangkansiswayangkurangpandaihanyamenunggujawabandarisiswapandai.Bukuajaryangdigunakanberasaldarisuatupenerbityangdipinjamkanolehperpustakaansekolahdantersediadalamjumlahyangterbatassehinggatidaksemuasiswadapatmeminjam.Panduankegiatansiswakurangdapatdimengertisehinggasiswasulitmemahamidanmengakibatkankegiatanyangdilakukanolehsiswamenjadikurangterarah.Saatkegiatanpembelajaranberlangsungditemukanfaktabahwasiswakurangaktif.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmengembangkanmodulyangberbasiskonstruktivismedenganmodelsiklusbelajar.Denganmodultersebutakandapatmemberikanpelayananpembelajaransecaraindividukepadasiswayaitutiapsiswadapatmemilikibahanajaryangdigunakanuntukbelajarsecaramandirisesuaidengankecepatanbelajarmasing-masingdantidaktergantungpadatemannya.PengembanganmodulinimenggunakanmodelpengembanganyangdimodifikasidarimodelpenelitianBorgdanGall(1983).Tahap-tahappengembanganmodulmeliputi(1)pengumpulaninformasi(2)melakukanperencanaan(3)mengumpulkandata(4)mengembangkanproduk(5)validasiproduk(6)revisiproduk(7)ujilapangandan(8)revisipenyempurnaan.Validasiprodukmelibatkan5validatoryangterdiridariduaorangdosenjurusanBiologiFMIPAUMsatuoranggurubiologiSMPN13MalangdanduaorangsiswakelasVIII.Hasilvalidasidigunakanuntukrevisiprodukdanselanjutnyadigunakanuntukujilapanganterhadap42siswakelasVIIISMPN13Malang.Berdasarkananalisisdatadidapatkanpersentasehasilvalidasiolehahlimediasebesar8459%ahlimaterisebesar8169%praktisipendidikansebesar9442%olehsiswasebesar9019%danhasilujicobalapangansebesar8236%.Denganhasiltersebutmakadapatditarikkesimpulanbahwamodulpembelajaranberbasiskonstruktivismedenganmodelsiklusbelajar(learingcycle)limafasematerigerakpadatumbuhankelasVIIISMPmemilikikriteriavaliddenganrata-ratapersentasevaliditassebesar8665%.