Penerapan Think Pair Share (TPS) dan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon Malang / Dhuane Putri Risanti
Main Author: | Risanti, Dhuane Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24856/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkPairShare(TPS)InkuiriMotivasidanHasilBelajarMatapelajaranBiologiberkaitandengancaramencaritahudanmemahamitentanggejalaalamsecarasistematissehinggabiologibukansekedarpenguasaankumpulanfaktakonsepatauprinsipsajatetapijugamerupakanprosespenemuan.BerdasarkanhasilobservasipadakegiatanpembelajaranBiologidikelasVIIGSMPNegeri1Pujonmemperlihatkanrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.Banyaksiswayangtidakmemperhatikanpelajaranmelamunmembuatcoretandanberbicaradenganteman.Siswabersikappasifselamakegiatanpembelajaranberlangsung.StandarKetuntasanMinimalSMPNegeri1Pujonadalah70Hasiltesmenunjukkanketuntasanklasikalmencapai40%.Hasilobservasimenunjukkanrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.OlehkarenaitudiperlukanpenerapanThinkPairShare(TPS)danInkuiridengantujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasVIIGSMPNegeri1Pujondenganjumlahsiswa25orangpadamateriekosistemdanpengelolaanlingkungan.Datamotivasidanhasilbelajarsiswadianalisissecarakuantitatif.Peningkatanpersentasemotivasibelajarsecarakeseluruhanmencapai278%yaitudaripra-penelitiansebesar333%menjadi611%padasiklusII.Peningkatanpersentaseketuntasanbelajarmencapai44%yaitudaripra-penelitiansebesar40%menjadi84%padasiklusII.KesimpulandarihasilpenelitianadalahpenerapanTPSdaninkuirimampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Saranyangbisadiberikanolehpenelitiadalah(1)bagiguruTPSdaninkuiridapatdigunakansebagaialternatifmetodemengajarbiologi(2)bagipihaksekolahhendaknyaterusmenjagadanmeningkatkankualitaspembelajaranyangadamisalnyadenganmeningkatkankualitasgurupengajarmeningkatkansaranadanprasaranadanmeningkatkankedisiplinanbagisiswa(3)hasilpenelitianinidapatdijadikanbahanreferensibagipenelitilainyanghendakmengadakanpenelitiansejenis(4)PerluadanyapengembanganmetodeTPSdaninkuiriagarsiswalebihaktifsecaraindividudalammengikutikegiatanpembelajaran.