Penerapan Think Pair Share (TPS) dan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon Malang / Dhuane Putri Risanti

Main Author: Risanti, Dhuane Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24856/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairShare(TPS)InkuiriMotivasidanHasilBelajarMatapelajaranBiologiberkaitandengancaramencaritahudanmemahamitentanggejalaalamsecarasistematissehinggabiologibukansekedarpenguasaankumpulanfaktakonsepatauprinsipsajatetapijugamerupakanprosespenemuan.BerdasarkanhasilobservasipadakegiatanpembelajaranBiologidikelasVIIGSMPNegeri1Pujonmemperlihatkanrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.Banyaksiswayangtidakmemperhatikanpelajaranmelamunmembuatcoretandanberbicaradenganteman.Siswabersikappasifselamakegiatanpembelajaranberlangsung.StandarKetuntasanMinimalSMPNegeri1Pujonadalah70Hasiltesmenunjukkanketuntasanklasikalmencapai40%.Hasilobservasimenunjukkanrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.OlehkarenaitudiperlukanpenerapanThinkPairShare(TPS)danInkuiridengantujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasVIIGSMPNegeri1Pujondenganjumlahsiswa25orangpadamateriekosistemdanpengelolaanlingkungan.Datamotivasidanhasilbelajarsiswadianalisissecarakuantitatif.Peningkatanpersentasemotivasibelajarsecarakeseluruhanmencapai278%yaitudaripra-penelitiansebesar333%menjadi611%padasiklusII.Peningkatanpersentaseketuntasanbelajarmencapai44%yaitudaripra-penelitiansebesar40%menjadi84%padasiklusII.KesimpulandarihasilpenelitianadalahpenerapanTPSdaninkuirimampumeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Saranyangbisadiberikanolehpenelitiadalah(1)bagiguruTPSdaninkuiridapatdigunakansebagaialternatifmetodemengajarbiologi(2)bagipihaksekolahhendaknyaterusmenjagadanmeningkatkankualitaspembelajaranyangadamisalnyadenganmeningkatkankualitasgurupengajarmeningkatkansaranadanprasaranadanmeningkatkankedisiplinanbagisiswa(3)hasilpenelitianinidapatdijadikanbahanreferensibagipenelitilainyanghendakmengadakanpenelitiansejenis(4)PerluadanyapengembanganmetodeTPSdaninkuiriagarsiswalebihaktifsecaraindividudalammengikutikegiatanpembelajaran.