Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dipadu dengan Talking Stick terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakis / Nur Alfi Laili
Main Author: | Laili, Nur Alfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24831/ |
Daftar Isi:
- KataKuncithinkpairsharetalkingstickketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitif.Sistempembelajaranyangmasihdidominasipenyampaianmateriolehgurumenyebabkansiswatidakmampumembangundanmenemukansendiripengetahuannyasehinggamengakibatkansiswahanyamenghafalkonsep-konsepyangdiberikanolehguru.Pengetahuanyangbersifathafalanakanberdampakburukterhadapketerampilanmetakognitifsiswa.Rendahnyaketerampilanmetakognisisiswaberkorelasidenganrendahnyahasilbelajarkognitif.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmenerapkanmodelpembelajaranthinkpairshare(TPS)dipadudengantalkingstick(TS).ModelTPSmenekankanpadatanggungjawabkelompoksedangkanmodelTSmenekankanpadatanggungjawabindividu.DengandemikiankombinasiTPS-TSdapatmenjadimodelpembelajaranyangberpotensiuntukmeningkatkankeberhasilanbelajarsiswatermasukdalamaspekketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifsiswa.Tujuanpenelitianiniialah1)MengetahuiperbedaanketerampilanmetakognitifsiswakelasVIIISMPyangdibelajarkandenganmodelgabunganTPS-TSdanyangdibelajarkandenganmodelkonvensionaldan2)MengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswakelasVIIISMPyangdibelajarkandenganmodelgabunganTPS-TSdanyangdibelajarkandenganmodelkonvensional.RancanganpenelitianyangdigunakanialahquasieksperimentdenganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Variabelbebasadalahmodelpembelajaran(TPS-TSdanpembelajarankonvensional).Variabelterikatadalahketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitif.PopulasipenelitianialahseluruhsiswakelasVIIISMPN2Pakis.SampelpenelitianadalahsiswakelasVIII-BsebagaikelasperlakuandanVIII-Csebagaikelaskontrol.Keterampilanmetakognitifdiukurdenganmenggunakanpanduanrubrikketerampilanmetakognitifyangterintegrasidengantesessay.Hasilbelajarkognitifdiukurdenganmenggunakantesessay.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.Datadiambilpadasaatpretesdanpostes.Ujihipotesismenggunakananakovadengantarafsignifikansi005(P005).Sebelumujianakovadilakukanujiprasyaratyaitunormalitasdatadenganujikormogolov-smirnovdanujihomogenitasdatadenganlevenetes.Hasilpenelitianmenunjukkan1)Modelpembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifdan2)Modelpembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitif.Modelgabunganthinkpairshare-talkingstickterbuktidapatmeningkatkanketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifsiswadandisarankanbagiguruuntukmencobamengimplementasikanmodelgabunganthinkpairshare-talkingstickdalampembelajaranBiologi.