Penerapan pembelajaran Model Siklus Belajar 5E dipadu dengan Teams Games Tournament untuk meningkatkan kemampuan berpkir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Rista Farida
Main Author: | Farida, Rista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24826/ |
Daftar Isi:
- Katakuncisiklusbelajar5ETGTbepikirkritishasilbelajarSalahsatucarauntukmengatasipermasalahandalamprosespembelajarandikelasadalahdenganmenggunakanmodelsiklusbelajar.Siklusbelajar(LearningCycle)adalahsuatumodelpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered).Siklusbelajarmerupakanrangkaiantahap-tahapkegiatanyangdiorganisasisedemikianrupasehinggasiswadapatmenguasaikompetensi-kompetensiyangada.Penerapanmodelsiklusbelajarmembuatprosespembelajaranbukanlagisekedartransferpengetahuandarigurukesiswatetapimerupakanprosespemerolehankonsepyangberorentasipadaketerlibatansiswasecaraaktifdanlangsung.CaralainyaitudenganmenggunakanmodelTeamsGamesTournament(TGT).TeamsGamesTournamentmerupakanmodelpembelajarankooperatifsebagaimanapembelajarankooperatifyanglainTGTjugamemunculkanadanyakelompokdankerjasamadalamkelompok.Sertaterdapatperlombaanataupertandinganpadaakhirpembelajaran.AktivitasbelajardenganperlombaanataupertandinganyangdirancangdalammodelTGTmemungkinkansiswauntukdapatlebihbersemangatdanantusiandalammengikutipembelajarandisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatsertaketerlibatanbelajar.Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.InstrumenpembelajaraniniberupaRPPdanLKS.Instrumenpenelitianmeliputilembarobservasicatatanlapanganfotodantestulis.Tujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikankemampuanberpikirsiswakelasVIISMPNegeri13Malangmelaluipenerapanpembelajaranmodelsiklusbelajar5EdipadudenganTGT.2)MendeskripsikanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIHSMPNegeri13Malangmelaluipenerapanpembelajaranmodelsiklusbelajar5EdipadudenganTGT.Dan3)Menemukansintakpembelajaranmodelsiklusbelajar5EdipadudenganTGTyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologisiswakelasVIISMPNegeri13Malang.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaansintakpembelajaranolehgurusebesar9333%dan9667%padasiklusIIketerlaksanaansintakspembelajaranolehsiswasebesar9215%padasiklusIdan9670%padasiklusII.Kemampuanberpikirkritisrata-rataketuntasanklasikalpadasiklusI80%dandan875%padasiklusII.Peningkatanaspekmembandingkansebesar618%.Aspekhubungansebabakibatsebesar2036%.Aspekmemberialasansebesar1227%.Aspekmenyimpulkansebesar2067%.Aspekberpendapat062%.Aspekmengelompokkansebesar1621%.Aspekmenerapkansebesar1097%.Danaspekmenganalisissebesar1797%.Hasilbelajarsiswayangdiukurdalampenelitianinimeliputihasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotor.Hasilbelajarkognitifdiperolehdarihasiltestulispadasetiapsiklus.Rata-rataketuntasanklasikalpadasiklusI775%dan90%padasiklusII.PeningkatanaspekkognitifCI(remembering)sebesar030%C2(understanding)1354%C3(applying)sebesar769%C4(analyzing)sebesar3917%C5(evaluatung)sebesar882%danC6(create)sebesar465%.Hasilbelajarafektifmerupakankemampuanyangberkaitandenganaspekemosionalsepertiperasaanminatsikapdankepatuhanterhadapmoral.Rata-ratahasilbelajarafektifpadasiklusI7680siklusII7866.AspekafektifA1mengalamipenurunan633%.AspekafektifA2(menanggapi)mengalamipeningkatansebesar192%.AspekafektifA3(menghargai)094%.AspekafektifA4(mengaturdiri)234%.DanaspekA5(menjadikanpolahidup)sebesar715%.Hasilbelajarpsikomotorikdiukurdenganmenggunakanrubrikpenilaianpsikomotor.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaketuntasanklasikalpadakeduasiklustelahmencapai100%.Nilairata-ratahasilbelajarpsikomotorpadasiklusIsebesar7887dansiklusIIsebesar80.Penelitiantindakankelastentangpenerapanmodelsiklusbelajar5EdipadudenganTGTuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologisiswakelasVIISMPNegeri13Malangmenghasilkansintaksebagaiberikutyaitu1)Pendahuluanberisitahapengagementdipadutahappenyajianmateritindakanyangdilakukanterdiridariapersepsisehinggadapatmemunculkankonflikkognitif2)kegiatanintiberisitahapeksplorasidipadutahapteamstindakanyangdilakukanterdiridaripembentukankelompokheterogenyangterdiridari4siswadandiskusikelompokdenganLKSberbantuanartikeltahapeksplanasidipadutahapgamesdantahapelaborasidipadutahapturnamentindakanyangdilakukanterdiridaripengelompokansiswasecarahomogenuntukkegaiatanturnamendan3)Penutupberisitahapevaluasidipadutahappenghargaankelompoktindakanyangdilakukanterdiridaripengkategoriandanpenghargaankelompok.