Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang pada pokok bahasan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan / Siti Fatimah

Main Author: Fatimah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24809/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajarankooperatifGIkemampuanberpikirkritishasilbelajarPengalamanbelajaryangseringkalihanyamengandalkankegiatanprosesmendengarkandanmenghafalsertamenjawabpertanyaan-pertanyaandarigurudanmenjawabpertanyaandariLKSdengantingkatpertanyaankognitifyangmasihrendahbelummampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Selainitupembelajaranyangbelummerangsangaktivitassiswauntukmencaridanmenemukansendirikonseppembelajaranmelaluiinvestigasijugamasihbelummampumembuatsiswaaktifsertamandiridantertarikpadapelajaran.GroupInvestigation(GI)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifsebagaialternatifdalammenciptakanpembelajaranyangbermaknabagisiswasertamampumembuatsiswalebihaktif.Diharapkandenganpembelajaraninisiswamampumenemukansuatumasalahsertamemikirkansolusiyangtepatuntukmemecahkanpermasalahantersebut.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajarankooperatifGroupInves-tigationterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasVIIdiSMPNegeri5Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasyexperiment).RancanganpenelitianiniadalahPretest-PostestControlGroupDesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri5Malang1kelaseksperimen(kelasVII-6)yangberjumlah27siswadan1kelaskontrol(kelasVII-3)yangberjumlah29siswa.Datapenelitianiniberupakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotoryangdiperolehdarihasiltesyangdilakukanpadaawaldanakhirpembelajaransedangkandatahasilbelajarpsi-komotordiperolehdarihasilpengamatan.Indikatorkemampuanberpikirkritismeliputi1)merumuskanmasalah2)memberikanargumen3)melakukandeduksi4)melakukaninduksi5)mengevaluasi6)mengkreasi7)memutuskandanmelaksanakan.Datatentangkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswadianalisismelalui3tahapyaituujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.Berdasarkanhasilpenelitianpadadatakemampuanberpikirkritisujihipotesismenunjukkannilaiprobabilitas(Sig)0000nilaitingkatkepercayaan(940005)makaH0ditolakdanH1diterima.SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)terhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasVIISMPNegeri5padapokokbahasanperanmanusiadalampengelolaanlingkungan.Hasilujihipotesishasilbelajarkognitifmenunjukkannilaiprobabilitas(sig)0000nilai945005.DemikianjugapadahasilbelajarafektifmenunjukkannilaiProbabilitas(Sig)0000nilaitingkatkepercayaan(940005)makaH0ditolakdanH1diterima.HalinidapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarkognitifdanafektifsiswakelasVIISMPNegeri5Malangpadapokokbahasanperanmanusiadalampengelolaanlingkungan.TetapitidakadapengaruhmodelpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)terhadaphasilbelajarpsikomotorsiswakelasVIISMPNegeri5Malangpadapokokbahasanperanmanusiadalampengelolaanlingkungankarenahasilujihipotesismenunjukkannilaiprobablitas(sig)0118945005sehinggahipotesispenelitian(H1)ditolakdanhipotesisnol(H0)diterima.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwamodelpembelajarankoo-peratifGroupInvestigation(GI)berpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitifdanafektifsiswapadapokokbahasanperanmanusiadalampengelolaanlingkunganmakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmetodepembelajaraninipadamateri-materiyanglain.Namuntidakadapengaruhpadahasilbelajarpsikomotorsiswakarenadalampenelitianinihasilbelajarpsikomotorpadakelaskontrolataupunkelaseksperimensama-samadiperolehdarihasilpengamatanpadasiswamelaluipraktikumsecarakelompok.