Pengembangan media pembelajaran interaktif materi gymnospermae di kelas X SMA Negeri 1 Jombang / Roisatulainiyah

Main Author: Roisatulainiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/24806/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganMediaPembelajaranMediaPembelajaranInteraktifGymnospermaeProsesbelajarmengajarhakikatnyaadalahproseskomunikasiyaituprosespenyampaianpesandarisaluran/sumberpesanmelaluimediatertentukepadapenerimapesan.Prosesbelajarmengajarmerupakantahapterpentingdalamkegiatanpembelajaranuntukmencapaitujuanpembelajaranyangtelahditentukan.Kegiatanpembelajaranharusdirancangsedemikianrupasehinggaprosesbelajardapatberjalanoptimal.Dalamperancangankegiatanpembelajaranseorangguruperlumenerapkanmetodepembelajaranyangtidakterlepasdarimediapembelajaran.Pengadaanmediapembelajarandapatdilakukandenganberbagaicaramisalnyadenganbantuankomputer.Komputermembantumengoptimalkankegiatanpembelajarandengancaramemvisualisasikanobjekyangsulitdiamatisecaralangsung.Komputermemilikikemampuanmultimediayaitukemampuanmemadukanprinsipaudiodanvisualsecarabersamaandalamsatusistem.Dengankemampuaninikomputerdimanfaatkanuntukmengembangkanmediapembelajaraninteraktif.BerdasarkanhasilwawancaradengangurubiologikelasXSMANegeriIJombangmenunjukkanbahwabeberapamaterimatapelajaranbiologisulituntukdisampaikankepadasiswatermasukmaterigymnospermae.Halinidikarenakansulitmenemukantumbuhanyangtergolonggymnospermaekarenatermasuktumbuhanlangkaprosesreproduksinyalamadansulitdiamatisecaralangsung.DariuraiandiataspengembangmencobamelakukanpenelitianpengembangandengantujuanmengembangkanmediapembelajaraninteraktifmaterigymnospermaedikelasXSMANegeriIJombang.PenelitianinitergolongpenelitianpengembanganyangdikembangkandenganmodelproseduralyangdidasarkanpadatahapanpengembanganmediapembelajaranolehSadiman(2008)denganlangkah-langkah(1)analisisKebutuhandankarakteristiksiswa(2)merumuskantujuaninstruksionaldenganoperasionaldankhas(3)merumuskanbutir-butirmaterisecaraterperinciyangmendukungtercapainyatujuan(4)mengembangkanalatevaluasi(5)menulisnaskahmediadan(6)mengadakantesdanrevisi.Hasilpengembanganmediapembelajaraninteraktifinisecarakeseluruhanmemenuhikriteriavaliddenganprosentasepenilaianvalidatorahlimedia9706%validatorahlimateri100%danhasilujicobaproduk9455%.Sedangkanberdasarkananalisisdatahasilpretesdanpostesdenganujitmenunjukkannilaisignifikansi0.000.05yangberartimediainteraktifiniefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Mediapembelajaraninterktifinidapatdigunakanolehsiswauntukbelajarsecaraindividualmampumeningkatkanmotivasidanperhatiansiswahematiiwaktudansebagaimediapembelajaranalternatifketikakegiatanpembelajaranyangsemestinyatidakdapatdilakukan.Tetapimediainteraktifinijugamemilikikekurangansepertihanyabisaditerapakandisekolahyangmemilikilaboraturiumkomputeratauruangmultimediayangmemadaidanmemungkinkansiswatidakmelakukanpengamatanterhadaptumbuhanyangtergolonggymnospermaesecaralangsung(pembelajarankontekstualyangseharusnyadilakukan).Adapunsaranyangdiajukandaripengembanganmediainteraktifiniadalahhendaknyamediainihanyadigunakansebagaimediaalternatifketikakegiatanpembelajaranyangsemestinyatidakdapatdilakukankegiatanvalidasidilakukankepadalebihdarisatuahliujicobaprodukdapatdilakukandenganskalayangbesardapatmenggunakanobserverdilakukansekaligusbersamaandenganpenerapannyadalamkegiatanpembelajarandipadukandengansintakmetodepembelajarantertentudanpretesdanpostesdalammediapembelajaraninteraktiftidakhanyadigunakanuntukmengukurefektivitasmediatetapijugadigunakanuntukmenilaihasilbelajarkognitifsiswa.