Penerapan pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang / Kartika Dwi Nawasita

Main Author: Nawasita, Kartika Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24805/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifTGTpendekatankontekstualmotivasibelajarsiswahasilbelajarsiswaKurikulumyangdigunakanpadasaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).KTSPmerupakanpenyempurnaandarikurikulum2004yaituKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)yangoperasionaldisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan/sekolah.CiriutamaKTSPyaitu(1)berpusatpadasiswa(2)memberikanmatapelajarandanpengalamanbelajaryangrelevandankontekstualdan(3)mengembangkanmentalyangkayadankuatpadasiswa.KTSPmemudahkantiapsekolahuntukmenentukanmodelpembelajaranyangdigunakan.SalahsatumodelyangbisadikembangkanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatifTeamGamesTournament(TGT).Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri10MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifTGTdenganpendekatankontekstual(2)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri10MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifTGTdenganpendekatankontekstual.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklusdenganpokokbahasanorganisasimakhlukhidup.Datadalampenelitianiniadalahmotivasidanhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanberupasoalteslembarobservasidancatatanlapangan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIESMPNegeri10Malangsebanyak41orangsiswadenganjumlahsiswaperempuan17orangdan24orangsiswalaki-laki.WaktupelaksanaanpenelitianmulaibulanSeptember2007sampaiDesember2008.Hasilpenelitianiniadalah(1)motivasibelajarklasikalsiswakelasVIIEyangmeningkatdari6015%disiklusImenjadi6465%padasiklusII2)penerapanpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)meningkatkanhasilbelajarsiswadari561%padasiklusImenjadi7805%disiklusII.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifTGTdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIESMPNegeri10Malang.BerdasarkanhasilpenelitianpenulismengharapkanagarPembelajarankooperatifTGTdapatditerapkanpadapokokbahasanselainOrganisasiMakhlukHidupdantidakhanyaditerapkanpadaSMPNegeri10Malangtetapidapatditerapkanpadasekolahlainnyakarenapenerapanpembelajarantersebutdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa