Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII. 7 SMP Negeri 5 Malang / Coryna Nilam Sari
Main Author: | Sari, Coryna Nilam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24800/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPBMPNHTkemampuanberpikirkritisPBMPmerupakanpolapembelajaranyangdidalamnyatidakterjadikegiatanmengajarsecaralangsungmelainkanmelaluijalinanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatterbukadansalingberhubungan.PBMPdapatme-ningkatkankemampuanberpikirsiswasebabsiswaakanterasahpikirannyajikadiberikanpertanyaan-pertanyaan.DalamPBMPinisiswadituntutuntukbekerjasecaraindividusehinggapenguasaankonsepbisalebihmaksimal.Sedangkandisisilainperkembangankurikulumpendidikanmenyarankanagarsiswalebihdiutamakanuntukberkolaborasidengansiswalainagarsiswalebihaktifdanmampubersosialisasidenganbaik.OlehkarenaituditerapkannyaPBMPdenganmetodekooperatiftipeNHTditujukanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritistiapindividusiswanamunjugatidakmengesampingkanpentingnyakolaborasiantarsiswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdengan2siklus.Masing-masingsiklusterdiriatastahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pendekatanpenelitianinimerupakanpendekatandeskriptifkualitatifyaitumenggunakaninstrumenberupalembaracuanpenilaianketerampilanber-pikirkritissiswalembaracuanpenilaianteskognitiflembarketerlaksanaanpem-belajaranolehgurudanlembarketerlaksanaanpembelajaranolehsiswa.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII.7SMPNegeri5Malangsemester2(genap)tahunpelajaran2010/2011.Jumlahsiswadikelastersebutadalah29orangterdiriatas13oranglaki-lakidan16orangperempuan.KemampuanberpikirkritissiswadalampenelitianinidilihatdariketuntasansiswadalammengerjakanlembarPBMPdandilihatdariteskognitifnya.KetuntasanklasikaluntuklembarPBMPyaitu75%sedangkanketuntasanklasikaluntukteskognitifyaitu85%.AdapunSKMuntukPBMPdantesadalah75.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatandarisiklus1kesiklus2.KemampuanberpikirkritissiswadilihatdariketuntasansiswamengerjakanlembarPBMPmenunjukkanpeningkat-andari759%padasiklus1menjadi100%padasiklus2.Kemampuanberpikirkritissiswadilihatdariteskognitifpadasiklus1dan2jugamenunjukkanpe-ningkatansebesar71%dari826%menjadi897%.Hasilperhitungantarafke-sukaranteskognitifsiklus1dan2menunjukkanhasilyangrelatifsama.Halinimenunjukkanbahwamateriyangdigunakanpadasiklus1dan2memilikitingkatkesulitanyangrelatifsamasehinggapadasiklus2hasilteskognitifsiswameng-alamipeningkatan.BerdasarkanhasilpenelitianpenerapanPBMPdenganmetodekooperatiftipeNHTperludikembangkanuntukmeningkatkanprosesbelajarsiswauntukmemperbaikidanmeningkatkankualitaspembelajaran.