Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII. 7 SMP Negeri 5 Malang / Coryna Nilam Sari

Main Author: Sari, Coryna Nilam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24800/
Daftar Isi:
  • KataKunciPBMPNHTkemampuanberpikirkritisPBMPmerupakanpolapembelajaranyangdidalamnyatidakterjadikegiatanmengajarsecaralangsungmelainkanmelaluijalinanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatterbukadansalingberhubungan.PBMPdapatme-ningkatkankemampuanberpikirsiswasebabsiswaakanterasahpikirannyajikadiberikanpertanyaan-pertanyaan.DalamPBMPinisiswadituntutuntukbekerjasecaraindividusehinggapenguasaankonsepbisalebihmaksimal.Sedangkandisisilainperkembangankurikulumpendidikanmenyarankanagarsiswalebihdiutamakanuntukberkolaborasidengansiswalainagarsiswalebihaktifdanmampubersosialisasidenganbaik.OlehkarenaituditerapkannyaPBMPdenganmetodekooperatiftipeNHTditujukanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritistiapindividusiswanamunjugatidakmengesampingkanpentingnyakolaborasiantarsiswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdengan2siklus.Masing-masingsiklusterdiriatastahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pendekatanpenelitianinimerupakanpendekatandeskriptifkualitatifyaitumenggunakaninstrumenberupalembaracuanpenilaianketerampilanber-pikirkritissiswalembaracuanpenilaianteskognitiflembarketerlaksanaanpem-belajaranolehgurudanlembarketerlaksanaanpembelajaranolehsiswa.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII.7SMPNegeri5Malangsemester2(genap)tahunpelajaran2010/2011.Jumlahsiswadikelastersebutadalah29orangterdiriatas13oranglaki-lakidan16orangperempuan.KemampuanberpikirkritissiswadalampenelitianinidilihatdariketuntasansiswadalammengerjakanlembarPBMPdandilihatdariteskognitifnya.KetuntasanklasikaluntuklembarPBMPyaitu75%sedangkanketuntasanklasikaluntukteskognitifyaitu85%.AdapunSKMuntukPBMPdantesadalah75.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatandarisiklus1kesiklus2.KemampuanberpikirkritissiswadilihatdariketuntasansiswamengerjakanlembarPBMPmenunjukkanpeningkat-andari759%padasiklus1menjadi100%padasiklus2.Kemampuanberpikirkritissiswadilihatdariteskognitifpadasiklus1dan2jugamenunjukkanpe-ningkatansebesar71%dari826%menjadi897%.Hasilperhitungantarafke-sukaranteskognitifsiklus1dan2menunjukkanhasilyangrelatifsama.Halinimenunjukkanbahwamateriyangdigunakanpadasiklus1dan2memilikitingkatkesulitanyangrelatifsamasehinggapadasiklus2hasilteskognitifsiswameng-alamipeningkatan.BerdasarkanhasilpenelitianpenerapanPBMPdenganmetodekooperatiftipeNHTperludikembangkanuntukmeningkatkanprosesbelajarsiswauntukmemperbaikidanmeningkatkankualitaspembelajaran.