Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk materi reproduksi generatif pada tumbuhan angiospermae siswa kelas X SMA Negeri 1 Jombang / Arini Rahma Dhani

Main Author: Dhani, Arini Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/24795/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranInteraktifReproduksiGeneratifpadaTumbuhanAngiospermaeMediaadalahperantaraataupengantarpesandaripengirimkepenerimapesan.Dalamduniapendidikanmediaadalahsegalasesuatuyangdapatdigunakanuntukmenyalurkanpesandaripengirimkepenerimapesansehinggadapatmerangsangpikiranperasaanperhatiandanminatsiswa(Sadimandkk20087).Mediapembelajaraninteraktifdapatdigunakansebagaialatbantugurudalamproseskegiatanbelajarmengajarsehinggatujuanpembelajarandapattercapai.BerdasarkanhasilobservasidiSMANegeri1Jombangdiperolehinformasibahwamaterireproduksigeneratifpadatumbuhanangiospermaesulitditerimaolehparasiswamaterinyabersifatmikroskopis.Denganmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifdiharapkansiswalebihaktifberinteraksidengansumberbelajardanlingkungannya.Mediapembelajaraninteraktifdapatdigunakansebagaialatbantugurudalamproseskegiatanbelajarmengajarsehinggatujuanpembelajarandapattercapai.ModelpengembanganmediapembelajaraninteraktifinimengacupadamodelSadiman(200898)yangkemudiandimodifikasiolehpengembangyaitu(1)analisiskebutuhanmedia(2)analisiskarakteristiksiswa(3)perumusantujuanpembelajaran(4)perumusanmateripembelajaran(5)penyusunanalatevaluasi(6)produksiprototype(7)validasiproduk(8)revisidanpenyempurnaan.Hasilpengembanganmediapembelajaraninteraktifinimemenuhikriteriavalid/layakyakniahlimedia9559%ahlimateri100%ujicobalapangan9653%.Mediapembelajaraninteraktifiniefektifdigunakandalampembelajaranmaterireproduksigeneratifpadatumbuhanangiospermaeyaknihasiluji-tterhadapnilaipretesdanpostesnilaisignifikansinya0000005.SaranyangdiajukankepadagurubiologikelasXSMANegeri1Jombangsebaiknyamediapembelajaraninteraktifinidigunakansebagaialatbantudalamprosespembelajaranbiologi.Gurudapatmemadukanmediainteraktifinidenganmodelpembelajaransehinggakegiatanprosesbelajarmengajardapatmemotivasisiswa.SedangkanuntukpengembangselanjutnyaUjicobakelompokbesaratauujicobadisekolah-sekolahlaindapatdilakukanagarvaliditasmediapembelajaraninteraktifreproduksigeneratifpadatumbuhanangiospermaeinitinggipengembanganmediapadamaterilaindapatdilakukansehinggadapatdimanfaatkansecaraluasolehkalanganpendidikandanpenelitianquasyeksperimentdenganmembandingkanmodelpembelajarankonvensionaldanmodelpembelajaranyangdipadukandenganpenggunaanmediapembelajarandapatdilaksanakan.