Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Sayu Chyntia Ekawati

Main Author: Ekawati, Sayu Chyntia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24794/
Daftar Isi:
  • KataKunciNumberedHeadsTogether(NHT).Dalamkehidupansehari-hariketerampilanmetakognitifmerupakansalahsatukecakapanhidupyangdibutuhkanseorangsiswatidakhanyadisekolahtetapidibutuhkansepanjanghidupseseorang.Siswayangmemilikiketerampilanmetakognitifmemilikipeluangbesarmenjadipebelajarmandiri.Keterampilanmetakognitifseringkalitidakdisadarikeberadaannyadidalamkegiatanbelajarmengajarkhususnyaparagurumaupunsiswaitusendiri.Untukmengembangkanketerampilanmetakognitifsiswaperludilakukanpengelolaanmetakognitifdenganmenggunakanberbagaimetodepembelajarankooperatif.PadapenelitianinidigunakanpembelajarankooperatifdenganmenggunakanmetodeinkuiriterbimbingyangdipadukandenganmotodeNumberedHeadsTogether(NHT).DarihasilobservasilapangandanwawancaradenganguruBiologidiketahuibahwapembelajaranyangdilakukandiSMPNegeri5Malangmasihtergolongteachercentered.Menurutgurubiologisiswamasihbelummampudalammengembangkanketerampilanmetakognitifmeskipuntanpadisadarimerekajugapernahmenggunakanketerampilanmetakognitif.Pengelolaanketerampilanmetakognitifjugamasihrendahkarenasiswabelumpernahdilatihuntukmengembangkanketerampilanmetakognitifnya.Selainitupadaprosespembelajaranbiologiditemukanbeberapapermasalahanbaikpermasalahanyangberasaldarisiswamaupundariguru.Selaindaripermasalahantersebuthasilbelajarkognitifsiswapunbervariasidaritingkattinggisedangdanrendah.Darihasilbelajarkognitifyangbervariasitersebutdapatdiketahuitingkatketerampilanmetakognitifsiswa.TingkatansoalyangdigunakandalamLembarKerjaSiswa(LKS)danulanganharianpunkebanyakanmasihsebatasantaraC1-C3.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri5Malang.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPNegeri5MalangKelasVIItahunajaran2010/2011.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIRSBI5sebagaikelaskontroldansiswakelasVIIRSBI4sebagaikelaseksperimen.SiswakelasVIIRSBI5terdiriatas28siswasedangkansiswakelasVIIRSBI4terdiridari28siswa.JenispenelitianyaituPenelitianquasieksperimenataueksperimensemu.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmetodePembelajaraninkuiriterbimbingyangdipadumetodeNumberedHeadsTogether(NHT)padakelaseksperimendanmetodepembelajarankonvensionalpadakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluihasilpretesyangdilakukansebelumpenerapanmetodepembelajarandanpostes.DataketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangdiperolehdarihasilpretesdanposttesdianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikAnakova.HasilpenelitianmenunjukkanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingyangdipadudenganmetodeNHTberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswa.Haliniditunjukkandengannilaiprobabilitas0001