Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Sayu Chyntia Ekawati
Main Author: | Ekawati, Sayu Chyntia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24794/ |
Daftar Isi:
- KataKunciNumberedHeadsTogether(NHT).Dalamkehidupansehari-hariketerampilanmetakognitifmerupakansalahsatukecakapanhidupyangdibutuhkanseorangsiswatidakhanyadisekolahtetapidibutuhkansepanjanghidupseseorang.Siswayangmemilikiketerampilanmetakognitifmemilikipeluangbesarmenjadipebelajarmandiri.Keterampilanmetakognitifseringkalitidakdisadarikeberadaannyadidalamkegiatanbelajarmengajarkhususnyaparagurumaupunsiswaitusendiri.Untukmengembangkanketerampilanmetakognitifsiswaperludilakukanpengelolaanmetakognitifdenganmenggunakanberbagaimetodepembelajarankooperatif.PadapenelitianinidigunakanpembelajarankooperatifdenganmenggunakanmetodeinkuiriterbimbingyangdipadukandenganmotodeNumberedHeadsTogether(NHT).DarihasilobservasilapangandanwawancaradenganguruBiologidiketahuibahwapembelajaranyangdilakukandiSMPNegeri5Malangmasihtergolongteachercentered.Menurutgurubiologisiswamasihbelummampudalammengembangkanketerampilanmetakognitifmeskipuntanpadisadarimerekajugapernahmenggunakanketerampilanmetakognitif.Pengelolaanketerampilanmetakognitifjugamasihrendahkarenasiswabelumpernahdilatihuntukmengembangkanketerampilanmetakognitifnya.Selainitupadaprosespembelajaranbiologiditemukanbeberapapermasalahanbaikpermasalahanyangberasaldarisiswamaupundariguru.Selaindaripermasalahantersebuthasilbelajarkognitifsiswapunbervariasidaritingkattinggisedangdanrendah.Darihasilbelajarkognitifyangbervariasitersebutdapatdiketahuitingkatketerampilanmetakognitifsiswa.TingkatansoalyangdigunakandalamLembarKerjaSiswa(LKS)danulanganharianpunkebanyakanmasihsebatasantaraC1-C3.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri5Malang.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPNegeri5MalangKelasVIItahunajaran2010/2011.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIRSBI5sebagaikelaskontroldansiswakelasVIIRSBI4sebagaikelaseksperimen.SiswakelasVIIRSBI5terdiriatas28siswasedangkansiswakelasVIIRSBI4terdiridari28siswa.JenispenelitianyaituPenelitianquasieksperimenataueksperimensemu.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmetodePembelajaraninkuiriterbimbingyangdipadumetodeNumberedHeadsTogether(NHT)padakelaseksperimendanmetodepembelajarankonvensionalpadakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluihasilpretesyangdilakukansebelumpenerapanmetodepembelajarandanpostes.DataketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangdiperolehdarihasilpretesdanposttesdianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikAnakova.HasilpenelitianmenunjukkanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingyangdipadudenganmetodeNHTberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswa.Haliniditunjukkandengannilaiprobabilitas0001