Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang / Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma
Main Author: | Kusuma, Anindita Suliya Hangesti Mandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24788/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranBerbasisLessonStudyMotivasiBelajarHasilBelajar.PembelajaranberbasisLessonStudymerupakanpembelajaranyangdilakukansecarakolaboratifdalammerencanakanmelaksanakanmengobservasidanmelaporkanhasilpembelajaran.LessonStudydiimplementasikansecaraberkelanjutanmenggunakanmultistrategiberdasarkanprinsip-prinsipkolegalitasdanmutuallearninguntukmembangunkomunitasbelajardanmerupakansuatucaraefektifyangdapatmeningkatkankualitasbelajardanmengajar.AdanyaprinsipkolaboratifkolegialitasdanmutuallearningyangdibangunselamapembelajaranLessonStudyakanmeningkatkankinerjadankeprofesionalangurusehinggadapatmemperbaikidanmengoptimalkanpembelajaranhaliniakanberdampakterhadappeningkatanmotivasibelajarsiswaselamaprosespembelajaran.Peningkatanmotivasibelajartersebuttentunyaakanberdampakpadapeningkatanhasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianyaituuntukmenjelaskanimplementasipembelajaranberbasisLessonStudyterhadappeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIBSMPN5Malang.Jenispenelitianadalahpenelitiantindakanmenggunakanpendekatankualitatifdenganteknikobservasiangketdokumentasidantestulis.ObjekpenelitianadalahsiswakelasVIIBdiSMPN5MalangsemestergenapTahunAjaran2010/2011denganjumlahsiswa42orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-Mei2011.LokasipenelitianadalahdiSMPNegeri5MalangJl.W.RSupratman12Malang.InstrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiketerlaksananLessonStudy(plandodansee)lembarobservasipembelajarandalamKegiatanLessonStudylembarobservasimotivasibelajarangketmotivasisiswaARCSangketresponsiswaterhadappelaksanaanLessonStudykameradigitaldansoaltestulis.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaimplementasipembelajaranberbasisLessonStudydapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri5MalangsebesaryangdapatdiketahuidariangketmotivasiARCSyangdiberikansebelumdansesudahLessonStudysertalembarobservasimotivasibelajarsiswaselamapembelajaranberlangsung.SelainituimplementasipembelajaranberbasisLessonStudyjugadapatmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIBSMPNegeri5Malangyangdiketahuidarihasilteskognitifsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadabeberapapihaksebagaiberikut1)menjadikanLessonStudysebagaisalahsatucarauntukmeningkatkankinerjadankeprofesionalangurusehinggadapatmemperbaikidanmengoptimalkanpembelajaran2)ImplementasipembelajaranberbasisLessonStudysebaiknyadilaksanakansecaraberkesinambungandantidakdibatasiwaktusupayapeningkatanyangdiinginkanbisatercapai3)ImplementasiLessonStudysebaiknyatidakhanyadilakukandisatukelasagarhasilyangdiperolehlebihvalid4)Hasilbelajaryangditelitisebaiknyatidakhanyakognitiftetapijugaafektifdanpsikomotor.