Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari / Syafa'atul Udhmah
Main Author: | Udhmah, Syafa'atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24778/ |
Daftar Isi:
- KatakuncilessonstudykualitaspembelajaranPraktikPengalamanLapangan(PPL)merupakankulminasipengalamanbelajarsecarateoritisdanpraktisyangdilaksanakansecaraterprogramterpadudanterbimbingmelaluikegiatanmagangdisekolahataulembagayangsesuaidenganbidangkeahliannya.PPLterdiriatasPPLKependidikandanPPLNonkependidikan.PPLyangdilaksanakanolehmahasiswaprogramstudipendidikanBiologiadalahPPLkependidikankeguruan.PPLinimempersiapkanmahasiswacalonguruuntukmenjadiguruprofesional.Seorangcalongurutentunyaakansangatsulitmenguasaiberbagaikompetensiuntukmeningkatkankeprofesionalandalamwaktuyangsingkat.OlehkarenaituuntukmeningkatkankeefektifanPPLharusadainovasidalampelaksanaannya.DalamhalinilessonstudydapatdijadikansebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkankeefektifanPPLsertameningkatkankualitaspembelajaran.PenelitaninidilakukandengantujuanmendeskripsikanketerlaksanaanimplementasiPPLberbasislessonstudysertaimplikasinyadalammeningkatkankualitaspembelajaranBiologisiswadikelasXSMANegeri1Purwosari.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.InstrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianinimeliputiLembarobservasiketerlaksanaankegiatanplandodanseedalamlessonstudyangketlessonstudyuntukpesertadidiklembarobservasikemampuanmembelajarkansiswalembarobservasipelaksanaanpembelajaranpadakegiatanlessonstudydanlembarpenilaianhasilbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanimplementasiPraktikPengalamanLapangan(PPL)berbasislessonstudymeningkat.Rata-rataketerlaksanaanlessonstudyadalah786%.ImplementasiPraktikPengalamanLapangan(PPL)berbasislessonstudyjugadapatmeningkatkankualitaspembelajarandarisegiprosesyangdiperolehdarikemampuanmembelajarkansiswaolehgurumodeldansegihasilyangdiperolehdarihasilbelajarsiswaranahkognitifafektifdanpsikomotor.Kemampuanmembelajarkanolehtiapgurumodelmeningkatdarisikluspertamahinggasikluskeempat.Hasilbelajarsiswaranahkognitifpunmeningkatpadatiapkelasdarilessonstudypertamakelessonstudykedua.Hasilbelajarranahafektifberadapadakategoribaikpadatiaplessonstudysedangkanhasilbelajarranahpsikomotormeningkatdarilessonstudypertamadankeduakelessonstudyketiga.iiABSTRACTUdhmahSyafaatul.2011.TheImplementationofLessonStudybasedteachingpracticetoimprovetheQualityofBiologyLearningofGradeXStudentsSMANegeri1Purwosari.ThesisDepartmentofBiologicalScienceStateUniversityofMalang.Supervisors(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D(II)Drs.SarwonoM.Pd.KeywordslessonstudythequalityofbiologylearningTeachingpracticeistheculminationofthetheoreticalandpracticallearningexperienceimplementedprogrammaticallyintegratedandguidedthroughaninternshipatschool.TeachingpracticeconductedhereininteachingBiology.Teachingpracticepreparetheprospectivestudentteachertobecomeprofessionalteacher.Aprospectiveteachershouldmasteravarietyofcompetenciestoenhanceherprofessionalism.ThereforeinthiscasethelessonstudyisusedasanalternativetoimprovetheeffectivenessofthePPLandtoimprovethequalityofstudentlearning.ThisresearchwasconductedwiththeaimofdescribingtheimplementationoflessonstudybasedteachingpracticeanditsimplicationsinimprovingthequalityofstudentBiologylearningingradeXSMANegeri1Purwosari.Thisresearchuseddescriptivequalitativeresearchmethods.Theinstrumentsareobservationsheetforplandoandseeinlessonstudyquestionnaireforstudentsobservationsheetoftheabilitytoguidestudentlearnedobservationsheetintheteachingandlearningprosessesandtheassessmentsheetofstudentslearningresult.Theresultsshowedthattheimplementationoflessonstudybasedteachingpracticeincreases.Theaverageoflessonstudyactivitieswas78.6%.Implementationlessonstudybasedteachingpracticecanalsoimprovethequalityoflearningintermsofprocessesderivedfromtheabilityofstudentsbyteachersandthelearningresultsobtainedintermsofstudentscognitiveaffectiveandpsychomotor.Theabilitytoteachbyteachersincreasedfromthefirstcycleuntilthefourthcycle.Cognitivelearningoutcomesofstudentshasincreasedineachclassfromthefirstlessonstudytothesecondlessonstudy.Affectivedomainoflearningoutcomesisgoodinbothcategoriesineachlessonstudywhereasthepsychomotordomainoflearningresultsimprovedfromthefirstlessonstudyandthesecondtothethirdlessonstudy.iiiKATAPENGANTARBismillahhirohmanirrohim.....AlhamdulillahsegalapujisyukurpenulispanjatkankepadaAllahSWTyangtelahmemberikanrahmathidayahdanbimbingan-NyakepadapenulissehinggapenulisdapatmenyelesaikanskripsiyangberjudulImplementasiPraktikPengalamanLapangan(PPL)BerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanKualitasPembelajaranBiologiSiswaKelasXSMANegeri1Purwosaridenganbaikdanlancar.SkripsiinidisusunsebagaisalahsatusyaratmenyelesaikanstudidiJurusanBiologiFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Keberhasilanpenulisdalammenyelesaikanskripsiinitidaklepasdaridukungandanbantuandariberbagaipihak.Dengansegalakerendahanhatipenulisinginmengucapkanterimakasihkepadayangterhormat1.Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.DselakudosenpembimbingIdanDrs.SarwonoM.PdselakudosenpembimbingIIyangtelahmemberikanbimbinganarahanmasukandanmotivasibagipenulisselamamengerjakanskripsiini.2.Dr.IbrohimM.Siselakupengujiyangtelahmemberikankritiksarandanbantuankepadapenulissehinggaskripsiinimenjadilebihbaik.3.Dr.H.AbdulGofurM.SiselakuKetuaJurusanBiologiUniversitasNegeriMalangyangtelahmemberikanbantuandalamprosespelaksanaanstudidanskripsiini.4.Dr.H.IstamarSyamsuriM.PdselakuDekanFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.