Pembelajaran berbasis projek dipandu kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa SMPN 18 Malang / Evy Rosita Wulandari
Main Author: | Wulandari, Evy Rosita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24773/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMotivasiKeterampilanProsesHasilBelajarResponsPembelajaranBerbasisProjekSTADBerdasarkanhasilobservasipadakegiatanpembelajarandikelasVIIIGSMPN18Malangpada29Juli2010diketahuibahwaguruseringmenerapkanmetodeceramah.Hasiltesawalmenunjukkanbahwahanya1428%siswayangnilainyadiatasSKM.Halinimenunjukkanrendahnyatingkatmotivasisiswa.Kerjaprojeksangatjarangdilakukansehinggaketerampilanprosessiswakurangberkembang.Kegiatanbelajarsecaraberkelompokjarangdilakukanolehsiswasehinggainteraksiantarsiswakurang.UntukmengatasipermasalahantersebutditerapkanmodelPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTAD.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangdilakukandalamduasiklus.Setiapsiklusmeliputitahapanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswaVIIIGSMPN18Malangtahunajaran2010/2011yangberjumlah35siswadenganmateripertumbuhandanperkembangan.Penelitianinidilaksanakantanggal5Agustussampai4November2010.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsilabusRPPtesangketlembarobservasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADsecaraumumdapatmeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswakelasVIIIGSMPN18Malang.Motivasisiswamengalamipeningkatansebesar016poin.AspekketerampilanprosessecaraklasikalmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar55%menjadi84%padasiklusII.PersentaseketuntasanbelajarsiswameningkatdarisiklusIsebesar3429%menjadi6587%padasiklusIIdenganselisihpeningkatan3158%.Responssiswasecaraklasikalmeningkatsebesar034poin.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)KepadaGuruBiologihendaknyamenerapkanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADpadamatapelajaranBiologikarenadapatmeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswa.(2)PenerapanPBPdipandukooperatifSTADperlumemperhatikankesesuaianmateridanalokasiwaktuyangada.(3)Perludiadakanpengajaranremedialuntukmeningkatkanhasilbelajardanpersentaseketuntasanbelajarklasikal.(4)PBPperlulebihseringditerapkanagarsiswaterbiasamenerapkanketerampilanprosessehinggaskorketerampilanprosesterusmeningkat.(5)KepadapenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianpadakompetensidasaryanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanPenerapanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADdalammeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswa.