Pembelajaran berbasis projek dipandu kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa SMPN 18 Malang / Evy Rosita Wulandari

Main Author: Wulandari, Evy Rosita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24773/
Daftar Isi:
  • KataKunciMotivasiKeterampilanProsesHasilBelajarResponsPembelajaranBerbasisProjekSTADBerdasarkanhasilobservasipadakegiatanpembelajarandikelasVIIIGSMPN18Malangpada29Juli2010diketahuibahwaguruseringmenerapkanmetodeceramah.Hasiltesawalmenunjukkanbahwahanya1428%siswayangnilainyadiatasSKM.Halinimenunjukkanrendahnyatingkatmotivasisiswa.Kerjaprojeksangatjarangdilakukansehinggaketerampilanprosessiswakurangberkembang.Kegiatanbelajarsecaraberkelompokjarangdilakukanolehsiswasehinggainteraksiantarsiswakurang.UntukmengatasipermasalahantersebutditerapkanmodelPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTAD.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangdilakukandalamduasiklus.Setiapsiklusmeliputitahapanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswaVIIIGSMPN18Malangtahunajaran2010/2011yangberjumlah35siswadenganmateripertumbuhandanperkembangan.Penelitianinidilaksanakantanggal5Agustussampai4November2010.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsilabusRPPtesangketlembarobservasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADsecaraumumdapatmeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswakelasVIIIGSMPN18Malang.Motivasisiswamengalamipeningkatansebesar016poin.AspekketerampilanprosessecaraklasikalmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar55%menjadi84%padasiklusII.PersentaseketuntasanbelajarsiswameningkatdarisiklusIsebesar3429%menjadi6587%padasiklusIIdenganselisihpeningkatan3158%.Responssiswasecaraklasikalmeningkatsebesar034poin.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)KepadaGuruBiologihendaknyamenerapkanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADpadamatapelajaranBiologikarenadapatmeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswa.(2)PenerapanPBPdipandukooperatifSTADperlumemperhatikankesesuaianmateridanalokasiwaktuyangada.(3)Perludiadakanpengajaranremedialuntukmeningkatkanhasilbelajardanpersentaseketuntasanbelajarklasikal.(4)PBPperlulebihseringditerapkanagarsiswaterbiasamenerapkanketerampilanprosessehinggaskorketerampilanprosesterusmeningkat.(5)KepadapenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianpadakompetensidasaryanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanPenerapanPembelajaranBerbasisProjekdipanduKooperatifTipeSTADdalammeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswa.