Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI Ipa 1 MAN 3 Malang / Diana Kusumaningrum
Main Author: | Kusumaningrum, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24771/ |
Daftar Isi:
- KatakunciTAImotivasihasilbelajar.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal31Agustus2010dikelasXIIPA1MAN3Malangdiketahuimotivasisiswadalampelajaranbiologimasihkurang.Kurangnyamotivasiditunjukkanolehkejadiansebagaiberikut1)kurangaktifnyasiswadalammenjawabpertanyaandariguru2)sedikitnyasiswayangbertanyakepadaguruapabilamengalamikesulitandalammateriyangdipelajari3)ketidaktepatanmengumpulkantugasserta4)sifatmenggantungkanpekerjaankelompokkepadasalahsatuanggotakelompoknya.UntukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswayaitudenganpenerapanpembelajarankooperatifTAI(TeamAssistedIndividualization).MelaluipenerapanpembelajaranTAIdiharapkandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasXIIPA1diMAN3Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriatastigapertemuan(6jampelajaran).SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXIIPA1semesterganjiltahunajaran2010/2011MAN3Malangyangberjumlah33siswaterdiri14siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasidanhasilbelajarsiswasertadatapendukungberupawawancaragurubesertasiswadancatatanlapangan.Motivasibelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatandariskorangketmotivasibelajarsiswasebelumtindakandibandingkandenganskorangketmotivasibelajarsetelahpemberiantindakansertapeningkatanpersentasemotivasiyangdiketahuiberdasarkanlembarobservasiyangdiisiolehobserverselamaprosespembelajaranberlangsungsedangkanhasilbelajarsiswadiukurberdasarkanrata-rataskortesakhirsiklussecaraklasikalsertaketuntasanbelajarsiswapadamasing-masingsiklus.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalteslembarobservasimotivasisiswadancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajarankooperatifTAI1)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasXIMAN3Malang.Peningkatanmotivasibelajarsiswaditunjukkandenganpeningkatansebesar2455%untukattention3415%untukrelevance3155%untukconfidencedan1642%untuksatisfactiosedangkanpeningkatanmotivasiberdasarkanangketsebesar055untukattention069unukrelevance06untukconfidencedan046untuksatisfaction2)belumdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaXIIPA1MAN3Malang.Rata-ratahasilbelajarsiswasiklusIadalah8656danrata-ratahasilbelajarsecarasiklusIIadalah8054.PersentaseketuntasansiswasiklusIadalah9090%sedangkanpersentaseketuntasansiswasiklusIIadalah6364%.Berdasarkankesimpulandiatasmakadisarankan1)gurumatapelajaranbiologidiMAN3MalangdapatmenggunakanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa2)hasilpenelitianinihendaknyadapatdijadikanmasukanuntukmelakukanpenelitianlebihlanjuttentangkecermatanpengelolaanwaktuketepatanpelaksanaanlangkah-langkahpembelajaransertavariasikegiatanpembelajarandalamTeamAssistedIndividualization.