Analisis kesesuaian LKS MGMP IPA SMP Kota Malang kelas VII berdasarkan model assure / Nurul Fitriana

Main Author: Fitriana, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24768/
Daftar Isi:
  • KatakuncianalisiskesesuaianLKSmodelASSURELembarKerjaSiswa(LKS)merupakansebuahmediapembelajaranyangpalingbanyakdigunakanolehguruSMPKotaMalang.PembuatanLKSolehMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP)IPASMPKotaMalangmenggunakanasaskebersamaantanpaadastandaryangbakuuntukitupenelitiinginmengetahuikesesuaianLKSdenganprinsipmediamodelASSURE(AnalyzelearnersStateobjectivesSelectmediaandmaterialUtilizematerialRequirelearnerperformanceandEvaluate).ModelASSUREmerupakanlangkah-langkahyangdigunakanuntukmembuatmedia.Hasilpenelitianinidiharapkanmemberiinformasitentanglangkah-langkahpembuatanLKSmemberimasukankepadatimMGMPmengenaiisidariLKSyangperludiperbaiki.LembarkerjasiswayangdigunakandalampenelitianadalahLKStimMGMPIPA(Biologi)SMPKotaMalangkelasVIIsemestergasaltahunajaran2010/2011.PrinsipmediayangdigunakansebagailandasanteoriadalahprinsipmediamenurutHeinich(1989).LandasanhukumyangdigunakansebagaiacuanyaituBadanStandarNasionalPendidikan(BSNP)tahun2006danPeningkatanMutuPendidikandanTenagaKependidikan(PMPTK)tahun2008.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatif.Jenispenelitianadalahstudikasus.Lokasipengambilandatadilakukandi11SMPKotaMalang.SumberdatautamaadalahLKStimMGMPIPA(Biologi)SMPKotaMalangkelasVIIsemestergasaltahunajaran2010/2011.SumberdatalainadalahhasilwawancaradanangketuntukguruluartimMGMP.Prosedurpengumpulandatamenggunakanwawancaraanalisisdokumendanangket.Pengecekankeabsahandatamenggunakanmetodetriangulasi.SecaragarisbesarguruBiologiluartimMGMPberpendapatbahwakelebihanLKSbesertamateridiLKSsudahsesuaidenganStandarKompetensi(SK)danKompetensiDasar(KD)materidankegiatankompetensisudahdisesuaikandengansekolahyangadadiKotaMalangsehinggasetiapsiswadiKotaMalangdapatbelajardenganmenggunakanLKS.KekuranganLKSadalahbanyaknyapengulangannomorsoalkurangnyagambartabeldangrafiksehinggamenyebabkansiswakurangterampildalammengolahdatamembacagrafikdantabelranahafektifdanpsikomotorkurangdimunculkanpadaLKS.Analisiskaraktersiswadilakukandenganmengasumsikanbahwakemampuanfasilitasdanpengetahuansiswadianggapsama.Pemilihantujuanyangdilihatdariindikatormenghasilkanpersentasesebesar688%.Pemilihanmaterimenghasilkanpersentasesebesar2050%.Penggunaanalatdanbahanyangdigunakansebagaimediapembelajaranpadakegiatankompetensimenghasilkannilaisebesar4871%.Keterlibatansiswamenghasilkannilaisebesar41%.Evaluasimenghasilkannilaisebesar2143%.DarianalisissecaraumumdisimpulkanpembuatanLKStimMGMPsesuaimodelASSUREmasihkurangbaik.ModelASSUREdapatdigunakansebagaiacuanuntukmembuatLKSberikutnya.GurutimMGMPsebagaipenyusunLKSsebaiknyalebihmemperhatikanmaterimediayangdigunakanuntukkegiatanpraktikumdanpembuatansoalkarenamasihbanyakpengulangannomorsoal.TimMGMPsebaiknyalebihmemperhatikanrumusantujuankegiatankompetensimaupunrumusanindikator.Katakerjaoperasionalnyalebihdiperhatikansehinggadapatteramatidanterukur.PembuatansoalsebaiknyalebihmeningkatkantingkatkognitifnyasepertidiperbanyaktingkatC4(analisis)C5(sintesis)danC6(evaluasi).GuruluartimMGMPsebaiknyatidakmengutamakanLKStimMGMPsebagaibahanajarkarenamasihadafaktor-faktordiBSNP2006yangbelumterpenuhimisalnyasepertimateribahanajarkurangmemadukansainsteknologilingkungandanmasyarakatpadapraktikumkurangmenggunakanlangkah-langkahmetodeilmiah.