Pengembangan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme dengan model learning cycle materi transpor pada membran untuk kelas XI IPA SMA Negeri 1 Patianrowo Nganjuk / Fitri Rahayu Agustina
Main Author: | Agustina, Fitri Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24763/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimodulpembelajarankonstruktivismelearningcycletransporpadamembran.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurukelasXIIPAdiSMANegeri1Patianrowopadatanggal29Mei2010diketahuibahwapelaksanaanpembelajaranbiologiselamainisebagaiberikuta)pembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramahakantetapiterkadangtelahdigunakanmodelpembelajaranJigsawdenganmetodediskusikelompokpraktikumdantanyajawabb)belumpernahdiadakanpembelajarandenganmenggunakanmodulc)LembarKerjaSiswa(LKS)yangdigunakanolehsiswabukanbuatangurusendirimelainkanpenerbitd)LKSberisirangkumanmateridanlatihansoale)terbatasnyabukuteksyangdimilikiolehsiswa.Diskusikelompokyangdilakukandalampembelajarandapatmeningkatkankeaktifandankooperatifsiswadalammengerjakantugasnyaakantetapidiskusitersebutdapatmenurunkanmotivasibeberapasiswayangmemilikikecepatanbelajartinggidanmeningkatkanrasakesulitanbagibeberapasiswayangmemilikikecepatanrendah.Akibatnyasiswakurangdapatmembangunpengetahuannyasecaramandiridanprestasiyangdicapaikurangmemuaskan.Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmengatasimasalahdiatasyaitumengembangkanmediapembelajaranyangmendukungsiswauntukbelajarmandiri.Salahsatumediapembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodul.Modulmerupakanpaketpembelajaranyangdipelajarisecaramandiriolehsiswa.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkanmodulpembelajaranberbasiskonstruktivismedenganmodellearningcyclemateritransporpadamembranuntukkelasXIIPASMANegeri1Patianrowo.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembanganmodul.ModulyangdikembangkanberupamodulpembelajaranberbasiskonstruktivismedenganmodelLearningCyclemateritransporpadamembran.ModuldenganmodelLearningCyclememiliki5tahapyaituengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.Prosedurpengembanganmodulyangdigunakanpenulissebagaiberikut1)penentuanmasalahdanpengumpulandatayangbermasalahpadakegiatanpembelajaran2)penyusunanmoduldanmendesainmodul3)validasimodul4)revisimodul5)ujicobamodul6)revisiuntukmenyempurnakanmodul.ValidasidilakukanolehduaorangdosenBiologiUniversitasNegeriMalangsebagaiahlimediadanmateriduaorangguruSMANegeri1Patianrowodansiswa.ModuldiujicobakanpadasiswaSMANegeri1PatianrowokelasXIIPA2yangberjumlah30siswa.Datayangdiperolehdalampenelitianinimeliputi(1)datakuantitatifberupaskorangketpenilaianvalidatordannilaisiswadan(2)datakualitatifberupatanggapanatausarandarivalidatordandeskripsiketerlaksanaanujicoba.Hasilvalidasiyangdilakukanolehahlimediamateridangurudiperolehreratasebesar9087%sedangkanpenilaianolehsiswadiperolehreratasebesar9483%.Ujicobamodulmenunjukkanlebihdari75%siswadapatmenyelesaikanmoduldenganbaik.Berdasarkanhasilvalidasidanujicobamakamodulyangdikembangkanberartivaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaran.Meskipunberdasarkandatakuantitatifmodultelahdinyatakanvaliddanlayaktetapiperluditindaklanjutimengenaikomentardansarandariahlimediadanmaterigurudanresponden.Saranpemanfaatanprodukyangdapatdikemukakansetelahdilaksanakanpenelitianpengembanganiniadalah1)Modulyangdikembangkandapatdimanfaatkanlebihlanjutdengandiproduksiolehsekolahyangbersangkutan.HalinibertujuanuntukpemenuhankebutuhansekolahuntukmembelajarkansiswasecaramandiridansebagaicontohmodulyangmemilikikomponenlengkapdanmemenuhitujuanstandarkompetensilulusanmatapelajarandantujuanmatapelajaranBiologi2)ModulyangdikembangkandapatmemanfaatkansaranaTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)yangadadisekolah.