Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Porong / Indah Rakhmawati

Main Author: Rakhmawati, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24758/
Daftar Isi:
  • Katakuncimodelinkuirisikapbelajarhasilbelajar.Sikapbelajarmerupakanreaksiatauresponsiswaterhadapkegiatanbelajar.Aspeksikapbelajarmerupakansalahsatuaspekpentinguntukmeningkatkankualitaspembelajaran.Kualitashasilbelajaryangbaiksangatberhubunganeratdengansikapbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasidikelasVIIESMPNegeri3Porongmenunjukkanbahwasiswakurangmemilikisikapbelajaryangakhirnyaberdampakpadahasilbelajarsiswayangrendah.Olehkarenaitudiperlukanadanyaprosespembelajaranyangmampumeningkatkansikapdanhasilbelajarsiswa.PenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelinkuirimerupakansalahsatuupayadalammeningkatkansikapdanhasilbelajarIPABiologisiswadikelasVIIESMPNegeri3Porong.Keunggulanmodelinkuiriadalahdalamkegiatanpembelajaranseluruhkemampuansiswadilibatkansecaramaksimaldalammencaridanmenyelidikisecarasistematiskritislogisdananalitissehinggamenjadikansiswaberpikirlebihkritisdanmenunjangkemampuansikapbelajarsiswayangakhirnyamampumeningkatkansikapdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianyangdilakukanadalahuntukmeningkatkansikapdanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIESMPNegeri3Porongmelaluipenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelinkuiri.JenispenelitianyangdilakukanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif-kuantitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklusdanempatpertemuansetiapsiklusterdiridariperencanaanpenelitianpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIEyangberjumlah31orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanMei-Juni2009.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahcatatanlapanganlembarobservasisikapbelajardantestulishasilbelajar.Sikapbelajarsiswadiobservasimenggunakanlembarobservasisikapbelajardancatatanlapangansedangkanhasilbelajarsiswadiperolehdaritestulishasilbelajarpadaakhirpertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanpeningkatansikapbelajarsiswauntuksetiapaspekmeliputiaspekkemauanuntukmengumpulkandanmenggunakanbukti53%(siklusI)menjadi72%(siklusII)aspekkemauanuntukmengubahgagasanataupendapatterkaitdenganbukti48%(siklusI)menjadi62%(siklusII)danaspekkemauanuntukmereviuprosedur26%(siklusI)menjadi48%(siklusII).Hasilbelajarkognitifklasikal(HBKk)IPAbiologisiswajugamenunjukkanpeningkatansecaraklasikalyaitu42%(siklusI)menjadi97%(siklusII).Peningkatanjugaterlihatpadarata-rataNilaiTesBelajarindividu(NTBi)siswayaitu6326%(siklusI)menjadi8406%(siklusII).Sarandaripenelitianiniadalahsebaiknyadalampenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelinkuirigurumelakukansecaraberkesinambungandanteratursehinggamampumempercepatpenyesuaiansiswaterhadapkondisibelajar.