Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMP Negeri 8 Malang / Umi Wakhidah

Main Author: Wakhidah, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24752/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaranberbasismasalahpendekatankontesktualmotivasibelajarhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidikelasVII-ASMPN8MalangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmateriBiologidenganmetodeceramahtanyajawabdanmengerjakanLKS.Modelpembelajaranyangdigunakankurangmemotivasisiswatidakmelibatkansiswadalamprosespembelajaransecaralangsungdanmasihbersifatteachercenter.Halinimenyebab-kanrendahnyamotivasibelajarsiswa.Rendahnyamotivasibelajarsiswasejalandenganrendahnyahasilbelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranuntukme-ningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswaadalahmodelpembelajaranberbasismasalah/ProblemBasedLearning(PBL)denganpendekatankontekstual.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVII-ASMPN8MalangmelaluipenerapamodelPBLdenganpendekatankontekstual.JenispenelitianyangdigunakandalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridariperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Pendekatanyangdilakukandalampenelitianiniadalahkualitatif-kuantitatif.PengambilandatadilaksanakandiSMPN8MalangdengansubjekpenelitiankelasVII-Adenganjumlah44siswaterdiridari28siswaputridan16siswaputra.PengambilandatadilaksanakanpadabulanMei2010Juni2010.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitulembarobservasiketer-laksanaanpembelajaranlembarobservasimotivasibelajarsiswadantestulispadasiklusIkesiklusII.Teknikanalisisdatadilakukansecaradeskriptifdanmelaluihitunganrumusyangtelahditentukan.PenelitiandikatakanberhasiljikaterjadipeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLdenganpen-dekatankontesktualdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVII-ASMPN8Malang.Motivasibelajarsiswasecarakeseluruhanme-ngalamipeningkatanpadasiklusIkesiklusIIsebesar1075%yaitudari605%(siklusI)dengankriteriacukup(C)menjadi7125%(siklusII)dengankriteriabaik(B).HasilbelajarsiswamengalamipeningkatanpadasiklusIkesiklusIIsebesar2474%yaitudarinilaiketuntasanklasikal6363%(siklusI)menjadi8837%(siklusII).SaranpenelitianiniadalahgurudiharapkanlebihseringmemotivasisiswadenganmemberipermasalahandarikejadiandilingkungansiswamelibatkansiswaselamapembelajarandanpenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitiansejenispadakompetensidasarlaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanmodelPBLdenganpendekatankontekstualdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.i