Penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu pada pokok bahasan ekosistem / Nifa Indah Witriana

Main Author: Witriana, Nifa Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24741/
Daftar Isi:
  • KatakunciProblemBasedLearning(PBL)BerpikirKreatifGurukelasXSMANegeri2BatumenyatakanbahwakelasX-5merupakankelasyangseringkalimemilikinilairata-ratalebihrendahdarikelasXlainnya.PadaanalisissebelumtindakanProblemBasedLearning(PBL)tepatnyaketikapemberiantestulisobservasiawalketerampilanberpikirsiswapadajawabantesmencapai3aspekketerampilanberpikirkreatifdari5aspekyangadadenganpersentaseketerampilanberpikirlancar28%keterampilanberpikirluwes18%keterampilanberpikirorisinil2%.SedangkandariangketyangdiberikanterlihatbahwasiswabelumpernahmelaksanakanpembelajarandiluarkelassiswamengalamikesulitandalammempelajaripelajaranBiologibelajarBiologidikelasdilakukandenganmetodeceramahdandiskusikelompok.Berdasarkandarifenomenatersebutpenelitimelakukanpenelitiandengantujuanuntuk(1)menemukancarapenerapanProblemBasedLearning(PBL)yangdilaksanakandalampembelajarandiluarkelasuntukmeningkatkanberpikirkreatifdalampembelajaranBiologiEkosistembagisiswakelasX-5SMANegeri2Batu(2)mengetahuiseberapatinggitingkatberpikirkreatifsiswadalampembelajaranBiologiEkosistemdenganProblemBasedLearning(PBL)dikelasX-5SMANegeri2Batudan(3)mengetahuitanggapansiswamengenaiProblemBasedLearning(PBL)dalampembelajaranBiologiEkosistem.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifyangdilaksanakanselamaduasikluspenelitiandimulaidenganmelakukanobservasiawal.Setelahdilakukanrefleksipadaobservasiawaldisusunrencanatindakanyangdilanjutkandenganpelaksanaanrencanatindakanobservasidanrefleksi.Demikiangambarantahapanpelaksanaanpenelitianyangdilakukanhinggasikluskedua.Observasikemampuanberpikirsiswadilakukanmelaluitestulislaporankegiatankelompokdanhasildiskusipresentasi.PelaksanaanProblemBasedLearning(PBL)darisiklussatukesiklusduamenunjukkanperkembanganyangbaikpadasemuatahapnyayaitutahaporientasisiswakepadamasalahmengorganisasikansiswauntukbelajarmembimbingpenyelidikanindividualmaupunkelompokmengembangkanmenyajikandanmemamerkanhasilkarya(artifak)menganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalah.AnalisisketerampilanberpikirkreatifsiswasetelahdilakukantindakanProblemBasedLearning(PBL)terlihatadanyapeningkatandarisiklussatukesiklusduayaitujawabantestulispadaaspekketerampilanberpikirlancardari30%menjadi71%keterampilanberpikirluwesdari34%menjadi67%keterampilanberpikirorisinildari9%menjadi36%danketerampilanberpikirmerincidanmenilaitercapaidenganpersentase20%dan34%.KeterampilandiskusipresentasidarisiklusIkesiklusIIjugameningkatyaituketerampilanberpikirlancardari24%menjadi80%keterampilanberpikirluwesdari14%menjadi65%keterampilanberpikirorisinildari14%menjadi57%danketerampilanberpikirmerincidari25%menjadi41%danketerampilanmenilaidari27%dan55%.KeterampilandalamlaporandarisiklusIkesiklusIIjugamengalamipeningkatanketerampilanberpikirlancardari50%menjadi97%keterampilanberpikirluwesdari33%menjadi63%keterampilanberpikirorisinildari5%menjadi42%danketerampilanberpikirmerincidari0%menjadi5%danketerampilanmenilaidari0%dan28%.Peningkatankemampuanberpikirsiswaterjadikarenaadanyaperananmasing-masingtahappadasintaksProblemBasedLearning(PBL)dalampembentukanketerampilanberpikirkreatifsiswa.BerdasarhasilpenelitiandiatasdiketahuibahwaProblemBasedLearning(PBL)dalampembelajaranBiologiEkosistemdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswakelasX-5SMANegeri2BatudandisarankanbahwadalamprosesbelajarBiologidenganpembelajaranlangsungdilingkunganakanmenjadikansiswalebihkreatifdalamberpikir.