Penerapan diagram roundhouse melalui pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang / Lya Ratnawati
Main Author: | Ratnawati, Lya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24739/ |
Daftar Isi:
- KataKuncidiagramRoundhousejigsawkesadaranmetakognitifhasilbelajarBerdasarkanobservasiyangdilakukanpadatanggal9Maret2010dikelasXIIPA1SMANegeri6Malangdiketahuisebagianbesarkegiatanbelajarmengajar(KBM)masihdidominasiolehguru.Halinidisebabkankesadaranmetakognitifsiswayangrendahselainitusebanyak70%siswabelumtuntashasilbelajarnya.PenelitiantentangpembelajaranyangdapatmeningkatkankesadaranmetakognitifdanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIPA1SMANegeri6Malangperludilakukanuntukmengatasimasalahtersebut.SalahsatunyadenganpenerapandiagramRoundhousemelaluipembelajarankooperatifJigsaw.MelaluipenerapanpembelajarantersebutdiharapkandapatmeningkatkankesadaranmetakognitifdanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIPA1SMANegeri6Malang.Penelitianinidilaksanakanmulaitanggal2Februari18Mei2010.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam3siklussetiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianyangdigunakandalamPTKinisiswakelasXIIPA1SMANegeri6Malangtahunajaran2009-2010yangberjumlah27siswaterdiri10siswalaki-lakidan17siswaperempuan.DatapenelitianiniberupaketerlaksanaanpenerapandiagramRoundhousemelaluipembelajarankooperatifJigsawyangdiukurberdasarkanpersentasekeberhasilantindakankesadaranmetakognitifdiukurmenggunakanlembarinventoriskalalikertdanhasilbelajaryangterdiridariduaranahyaituranahkognitifdanranahafektifranahkognitifyangdiukurberdasarkanhasiltessetiapakhirsiklusdanketuntasanbelajarsiswapadamasing-masingsiklussertaranahafektifyangdiukurberdasarkanhasiltessetiapakhirsiklusdanketuntasanbelajarsiswapadamasing-masingsiklus.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarobservasiketerlaksanaantindakanolehgurudancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapandiagramRoundhousemelaluipembelajarankooperatifJigsawdapatmeningkatkankesadaranmetakognitifdanhasilbelajarsiswakelasXIIPA1SMANegeri6Malang.KetuntasanklasikalkesadaranmetakognitifmengalamipeningkatanpadasetiapsiklussiklusI8077%siklusII8846%siklusIII100%.HasilbelajarranahkognitifpunmengalamipeningkatanketuntasanklasikalnyapadasetiapsiklussiklusI5769%siklusII7692%siklusIII9231%.SedangkanhasilbelajarranahafektifmengalamipenurunandarisiklusI100%menjadi8846%padasiklusIIdanmengalamipeningkatanpadasiklusIII9167%.AnalisishasilpenelitiandapatdisimpulkanpelaksanaanpenerapandiagramRoundhousemelaluipembelajarankooperatifJigsawdapatmeningkatkankesadaranmetakognitifdanhasilbelajarbiologisiswakelasXIIPA1SMANegeri6Malang.DisarankanguruperlumelaksanakanpenerapandiagramRoundhousemelaluipembelajarankooperatifJigsawsebagaisalahsatumetodealternatifpembelajarandanperludiadakanpenelitiandenganmengukurhasilbelajarranahpsikomotor.