Penerapan pembelajaran kooperatif group investigation (GI) untuk meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto / Vivin Mufidatu Zuroida
Main Author: | Zuroida, Vivin Mufidatu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24736/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipembelajarankooperatifgroupinvestigationketerampilanproseshasilbelajarbiologi.ObservasiawalyangdilakukanpadabulanjanuarimenunjukkanbahwapembelajaranBiologidikelasVII-CSMPNegeri2GedegMojokertoadabeberapamasalahantaralain(1)Siswaramaidanberbicaradengantemannyaketikapembelajaranberlangsung(2)Siswakurangmemperhatikangurupadasaatmengajar(3)Sebagiansiswabercandadengantemannyadantidakmenghiraukanpenyampaianmateriyangdisampaikanolehgurudidepankelas.BerdasarkanhasilwawancaradenganguruBiologidalambelajarbiologikinerjasiswadalammelakukanpengamatandenganikutmengalamisecaralangsungmasihkurang.SiswalebihseringbelajardidalamkelasmengerjakanLKSsehinggahasilbelajarsiswakurangbaik.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaditerapkanPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI)dengantujuanuntukmeningkatkanketerampilanprosesdanhasilbelajarbiologisiswakelasVII-CSMPNegeri2GedegMojokerto.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklus.Padasetiapsiklusterdiridariperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII-Csemestergenaptahunajaran2009-2010SMPNegeri2GedegMojokertoyangberjumlah30orang.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadaawalAprilsampaiakhirMei2010.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurucatatanlapanganlembarobservasiketerampilanprosesdansoaltes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanketerampilanprosesdanhasilbelajarBiologisiswa.Keterampilanprosesbelajarsiswameningkatsebesar16%yaitudari578%padasiklusImenjadi738%padasiklusII.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanterlihatdarinilairata-ratasiswasebesar742%padasiklusImenjadi826%padasiklusIIdansiswayangtuntasbelajarjugamengalamipeningkatandari833%padasiklusImenjadi933%padasiklusII.BerdasarkanpenelitiantersebutsebaiknyaguruBiologimenggunakanmetodepembelajaranyangbervariasidalamkegiatanpembelajaranagarketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswameningkat.SalahsatupembelajaranyangdapatmeningkatkanketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)sehinggapembelajaraninidisarankanuntukditerapkan.