Penerapan pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 MAN Malang 2 Kota Batu / Santi Amalia Rizki

Main Author: Rizki, Santi Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24735/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranTwoStayTwoStraymotivasiprestasibelajarBerdasarkanobservasiawaldiMANMalang2kotaBatudiketahuibahwamotivasidanprestasibelajarsiswakelasXIIPA1masihrelatifrendah.RendahnyamotivasibelajarsiswadapatdilihatdariketidakaktifansiswadalamkegiatandiskusisertasikapsiswadalammengikutipelajaransedangkanprestasibelajarsiswadapatdilihatdariStandarKetuntasanBelajarMinimal(SKBM)klasikalpadadataawalkelasXIIPA1MANMalang2KotaBatuuntukmatapelajaranBiologisebesar3214%.Prestasibelajaryangmasihrendahinidisebabkanolehrendahnyamotivasibelajarsiswadalammengikutikegiatanpembelajaran.Masalahtersebutdapatdiatasidenganmodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswamenjadiaktifdantermotivasidalambelajar.ModelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmengaktifkandanmemotivasisiswasalahsatunyaadalahpembelajaranTwoStayTwoStray.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklusdengansubyekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA1MANMalang2kotaBatusemester2tahunajaran2009/2010.Jumlah28siswadalamsatukelas.Pokokbahasansistemkoordinasidansistemreproduksi.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniterdiridarilembarobservasimotivasibelajarsiswalembarketerlaksanaantindakangurudalammenerapkanpembelajarankooperatifTwoStayTwoStraytesakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifTwoStayTwoStraydapatmeningkatkan1)motivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIyaituminatsiswadalambelajarmengalamipeningkatansebesar2565%perhatian2215%konsentrasisebesar2987%danketekunan247%dan2)Prestasibelajarsiswayangdiukurdenganskorrata-ratadanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikaldaridataawalsiklusIdansiklusII.Skorrataratadiperolehhasil(62.570dan79.7)danketuntasanbelajaraklasikaldiperolehhasil(32.14%60.71%dan89.28%).SehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelTSTSdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.SarandaripenelitianiniadalahGuruharusmemberikanapersepsipadasiswasetiapkaliawalpembelajaranyangterkaitdengankehidupansehariharisehinggamenumbuhkanminatperhatianketekunandankonsentrasibelajarsiswa.GuruperlumemberikansoaltesmulaitingkatkognitifC1sampaidenganC6sehinggatingkatkognitifyangdimilikianakdapatberkembangsesuaidenganusianya.