Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-B SMP Negeri 8 Malang / Aisa Suraida

Main Author: Suraida, Aisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24730/
Daftar Isi:
  • KataKunciTeamsGamesTournament(TGT)MotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIII-BSMPN8MalangmulaibulanPebruari2010sampaibulanMaret2010menunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarbiologisiswamasihrendah.Gurusudahberusahamemotivasisiswadenganmenggunakanmetodeyangvariatiftetapibelummenunjukkanhasilyangmaksimal.Berdasarkanpermasalahantersebutuntukmengatasidiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT).TGTmerupakanpembelajarankooperatifyangefektifuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakarenamenekankanpadakerjasamakelompokmenghilangkanrasajemuselamaprosespembelajaranmelaluipermainanyangdilaksanakandidalamturnamensehinggamembuatprosespembelajaranmenjadimenyenangkan.PenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIII-BSMPN8MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifTGT.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal7April2010sampaitanggal2Juni2010.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitessetiapakhirsiklus.HasilpenelitiandalampenerapanpembelajarankooperatifTGTdapat(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswadarisebesar9508%(kategorisangatbaik)padasiklusImenjadi100%(kategorisangatbaik)padasiklusIIpembelajarankooperatifTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakarenaTGTmengandungunsurpermainanyangmembuatsiswasenangdanrileksdalambelajarsertaadanyapenghargaankelompokbagikelompokyangmemperolehskortertinggimembuatsiswamerasausahanyadihargaiolehguru(2)meningkatkanhasilbelajarsiswadariskorrata-ratakelasmenjadi7396danketuntasanklasikal6596%sebelumsiklusIsetelahdilaksanakansiklusImeningkatmenjadi839danketuntasanklasikal8936%dansetelahdilaksanakansiklusIImeningkatlagimenjadi9161danketuntasanklasikal9787%terdapatselisihhasilbelajarsiklusIkesiklusIItingkatkesulitanmateriberbedayaitumateripadasiklusIlebihsulitdibandingkansiklusII.Setelahdilakukanperhitungandiketahuipeningkatanhasilbelajarsiswameningkatnyahasilbelajarsiswamenunjukkanbahwamotivasibelajarmempunyaikorelasipositifdancukupberartiterhadappencapaianprestasibelajar.OlehkarenaitudapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifTGTdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasVIII-BSMPN8Malang.