Penerapan model problem based learning (PBL) dipadu strategi kooperatif student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Bojonergoro / Rusdianto

Main Author: Rusdianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24726/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRusdianto.2010.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)dipaduStategiKooperatifStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaSMANegeri2Bojonegoro.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D(II)BalqisS.PdM.SiKatakunciPBLSTADMotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurumatapelajaranbiologibahwasiswakelasX6SMANegeri2Bojonegorobelumbisamemahamikebermaknaanmateripelajaranbagikehidupannya.SiswatidakmemperhatikansaatgurumemberikanpenjelasansiswajugatidakmengerjakanLKSmaupunmelakukandiskusi.Hasilbelajarsiswakurangmemuaskanyaitulebihdari70%nilaisiswaberadadibawahSKMdandinyatakanbelumtuntasbelajar.Olehkarenaitukualitaspembelajaranharusdiperbaikisalahsatunyadenganmenerapkanmodelpembelajaranyangmenghadirkanmateripelajaranautentikdanbermaknabagisiswa.PenelitianinitermasukjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandiSMANegeri2BojonegorodengansubyekpenelitianseluruhsiswakelasX6.Penelitianinidilaksanakanpadasemestergenaptahunajaran2009/2010selamaduasiklus.PenelitianinibertujuanuntukmengukurmotivasibelajardanhasilbelajarkognitifsiswasertapersepsisiswatentangpenerapanmodelPBLdipaduSTAD.Motivasibelajarsiswadiukurdenganindikator-indikatordalamlembarobservasihasilbelajarkognitifsiswadiukurdengansoal-soaltestulisdanpersepsisiswadiukurdenganangket.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLdipaduSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayaitudari6037%padasiklusImenjadi7229%padasiklusII.Hasilbelajarkognitifsiswameningkatdari2903%siswatuntasbelajarpadasaatsebelumdiberitindakanmenjadi5484%padaakhirsiklusIdandan8065%padaakhirsiklusII.Nilairata-ratakelasnaikdari6645sebelumdiberitindakanmenjadi7094padaakhirsiklusIdan7326padaakhirsiklusII.PerpaduanmodelPBLdanSTADmembuatsiswasenang(9355%)mudahmenyerapmateripelajaran(6352%)menumbuhkansemangatbelajar(6774%)dantidakmembosankan(6129%).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpenelitiandenganmene-rapkanmodelPBLdipaduSTADsebaiknyadilaksanakansecaraberkelanjutanguruharusmendampingisiswasecaraintensifpadasaatmelakukanaktivitasbela-jarmaupunmenyelesaikantugas-tugasbelajarhasilkaryasiswasebaiknyatidakhanyadiwujudkandalambentuklaporantertulissoal-soalujianakhirsiklusharusdisesuaikandengantingkatankognitifsiswadandiujicobakantempatdudukke-lompokdiatursedemikianrupaagarsemuasiswadalamsatukelompokdapatsa-lingberhadapanPenerapanmodelPBLdipaduSTADsebaiknyadilaksanakandenganprinsippembelajaranPAIKEM(PembelajaranAktifInovatifKreatifEfektifdanMenyenangkan).