Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP PGRI 02 Batu / Agus Samsul Huda

Main Author: Huda, Agus Samsul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24710/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilwawancaradenganibuRiyaniselakugurumatapelajaranbiologidanobservasiyangtelahdilakukandiSMPPGRI2BatuJl.RayaPandanrejo.No.1AKecamatanBumiajiKotaBatupadatanggal28Septemberdan1Oktober2009bahwaprestasibelajarsiswamasihrendahdenganrerataskorketuntasanbelajarsiswapadatesformatifSistemPencernaanpadaManusiayaitu64.64%.BerdasarkanSKBM(StandarKelulusanBelajarMinimal)diSMPPGRI2BatuseorangsiswadisebuttuntasbelajarjikatelahmencapaiSKBMdengannilai65dandayaserapklasikal70%.HalinimenunjukkanmasihbanyaksiswayangmasihbelummencapaiSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditentukanolehsekolah.Selainitugurujarangmenerapkanpembelajarankooperatifdalampengajarandikelasmasihcenderungmenggunakanmetodeceramahdanmerangkum.PenelitianinimenerapkanpembelajaranSTADyangtahapanpembelajarannya1)Penyajiankelas2)Belajarkelompok3)Tesataukuis4)Skorpeningkatanindividudan5)Penghargaankelompok.Padapembelajaraninijumlahsiswasebanyak39orangyangterdiridari27siswaperempuandan12orangsiswalaki-laki.Siswadibentukdalam6kelompokyangterdiridari4-6siswaperempuandan2siswalaki-laki.Padasaatdiskusi2oranganggotakelompokmempunyaitanggungjawabterhadap2soalpadalembardiskusisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswasertamengetahuipresepsisiswaterhadappembelajarankooperatifmodelSTAD.PenelitianinimerupakanjenisPenelitiantindakanKelas(PTK)yangdilakukandalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiriataslimatahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksitindakan.PenelitianinidilakukanpadakelasVIIISMPPGRI02Batuyangdilaksanakanpadatanggal24Novembersampai15Desember2009.Instrumenyangdigunakanpadapenelitianiniadalahlembarobservasiaktivitasgurulembaraktivitassiswasoaltescatatanlapangandanangketresponsiswa.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandiketahuibahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasbelajardanprestasibelajarsiswa.PadasiklusIaktivitasbelajarsiswa5269%sedangkanpadasiklusII7491%danpeningkatanprestasidapatdilihatdaripeningkatanjumlahsiswayangmencapaiSKBM.PadasiklusImencapaiSKBMsebesar667%dansiklusIIsebesar7949%.