Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari / Siti Qur'aini
Main Author: | Qur'aini, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24708/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKQurainiSiti.2010.PenerapanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStray(TSTS)sebagaiupayameningkatkanprestasibelajarBiologisiswakelasVIIIHSMPNegeri1Singosari.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SarwonoM.Pd.(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciPembelajaranKooperatifModelTwoStayTwoStrayPrestasiBelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanselamalimahari(tanggal28293031Januaridan2Februari2009)diketahuibahwaSMPNegeri1SingosarimerupakanSekolahMenengahPertamayangterletakdiKabupatenSingosariMalang.Pemanfaatanlaboratoriumdisekolahtersebutkurangmaksimalkarenasedangdalamproyekpengembanganpembangunanakibatnyaruanglaboratoriumtidakbisadigunakanuntukkegiatanbelajarmengajaruntuksemuakelas.KondisibelajarsiswakelasVIIIHselamakegiatanpembelajarankurangaktifguruseringmenggunakanmetodeceramahdalammengajar.KKMuntukmatapelajaranBiologisebesar77.SiswayangmencapaiKKMpadaulanganharianmateriSistemPeredaranDarahadalah7orang(19%).Hasilangketyaitu79%siswamenyatakanpembelajaranBiologijarangmenggunakanpraktikum56%siswamenganggapbelajarBiologibiasasaja39%siswamenyukaiBiologi5%siswatidaksukaBiologi83%siswamenyukaibelajarBiologidenganalatperaga69%siswamenyukaibelajarBiologisecaraberkelompok.TujuanpenelitianuntukmengetahuiupayapembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydalammeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIIIHberkaitandenganmateriFotosintesissertamengetahuibagaimanapelaksanaanpembelajaranmodelTwoStayTwoStray.JenispenelitianadalahPTKdenganpendekatankualitatifyangdilaksanakandalamduasiklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIHSMPNegeri1SingosarisemesterIItahunajaran2008/2009terdiriatas27siswaperempuandan7siswalaki-laki.AspekyangditelitiadalahpeningkatanprestasibelajardanpelaksanaanpembelajaranmodelTSTS.PrestasibelajardiperolehdarinilaitesyangdiberikantiapakhirsikluspembelajaranpelaksanaanpembelajaranmodelTSTSdiketahuidariaktivitasgurudansiswadalamtahap-tahappembelajaranmodelTSTS.InstrumenpenelitianyaituRPPsoalteslembarobservasicatatanlapangandandokumentasifoto.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)PenerapanpembelajaranmodelTSTSpadapokokbahasanFotosintesisdapatmeningkatkanprestasibelajarkognitifsiswakelasVIIIHSMPNegeri1Singosari.HasildatamenunjukkanketuntasanbelajarsecaraklasikalyangdicapaiolehsiswapadasiklusIsebesar3333%(12siswa)padasiklusIIsebesar6667%(24siswa).PeningkatanprestasibelajarkognitifdalampenelitianditunjukkandenganpeningkatanjumlahsiswayangmengalamiketuntasanbelajardarisiklusIkesiklusII(2)PembelajaranmodelTSTSyangdilakukanolehgurudansiswakelasVIIIHSMPNegeri1SingosarimengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.HasildatamenunjukkanrerataaktivitasgurudariketigaobserverdisiklusIadalah6736%(kriteriacukup)padasiklusIIadalah8611%(kriteriasangatbaik).SedangkanrerataaktivitassiswadariketigaobserverdisiklusIsebesar5901%(kriteriacukup)danpadasiklusIIsebesar8056%(kriteriabaik).BerdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdiajukanadalahpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydapatditerapkanpadapokokbahasanlainsebagaisalahsatuupayaalternatifmeningkatkanprestasibelajarkognitifsiswa.