Penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Ernawati

Main Author: Ernawati, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24702/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKErnawatiYeni.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pddan(II)Dra.HawaTuaritaM.S.KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIII-DSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmulaibulanJuli2009sampaibulanAgustus2009menunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswamasihrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadapatdiketahuidaritingkahlakusiswapadasaatkegiatanpembelajaranantaralain1)padasaatpembelajaransebagianbesarsiswamenunjukkansikapkurangberminatmengikutipelajaran.Siswakurangaktifbertanyamenjawabsertamengungkapkanpendapatnyaselamakegiatanpembelajaranberlangsungwalaupungurusudahseringmemberikankesempatankepadasiswauntukbertanya2)adabeberapasiswayangmemicukegaduhanmisalnyamengganggutemannyacelometansehinggamemicukegaduhankelas3)padasaatkegiatandiskusitidaksemuasiswaantusiasmengikutipelajaranhanyabeberapasiswayangaktifmengerjakantugassedangkansiswayanglainbanyakyangmengobroldanberguraudiluarmateripelajaran4)beberapasiswatidakmendengarkanpendapattemannyadantidakmendengarkanpenjelasanguru.Gurusudahberusahauntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanbeberapametodepembelajaranmisalnyadenganpraktikumdandiskusikelastetapibelummenunjukkanhasilyangmaksimal.Haltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihrendahyaiturata-rataskortes6927danketuntasanklasikalhanya6829%.Berdasarkanpermasalahan-permasalahantersebutuntukmengatasinyadiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifNHT.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifNHT.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal28Oktober2009sampaitanggal18November2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitessetiapakhirsiklus.HasilpenelitianpenerapanpembelajarankooperatifNHTdapat(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswadarisebesar6246%(kategoricukup)padasiklusImenjadi8077%(kategoribaik)padasiklusII(2)meningkatkanhasilbelajarsiswadariskorrata-ratakelassebesar6927danketuntasanklasikal6829%sebelumsiklusImeningkatmenjadi7793danketuntasanklasikal8293%setelahsiklusIdanmeningkatlagimenjadi8378danketuntasanklasikal9268%setelahsiklusII.