Penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Ernawati
Main Author: | Ernawati, Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24702/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKErnawatiYeni.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pddan(II)Dra.HawaTuaritaM.S.KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIII-DSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmulaibulanJuli2009sampaibulanAgustus2009menunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswamasihrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadapatdiketahuidaritingkahlakusiswapadasaatkegiatanpembelajaranantaralain1)padasaatpembelajaransebagianbesarsiswamenunjukkansikapkurangberminatmengikutipelajaran.Siswakurangaktifbertanyamenjawabsertamengungkapkanpendapatnyaselamakegiatanpembelajaranberlangsungwalaupungurusudahseringmemberikankesempatankepadasiswauntukbertanya2)adabeberapasiswayangmemicukegaduhanmisalnyamengganggutemannyacelometansehinggamemicukegaduhankelas3)padasaatkegiatandiskusitidaksemuasiswaantusiasmengikutipelajaranhanyabeberapasiswayangaktifmengerjakantugassedangkansiswayanglainbanyakyangmengobroldanberguraudiluarmateripelajaran4)beberapasiswatidakmendengarkanpendapattemannyadantidakmendengarkanpenjelasanguru.Gurusudahberusahauntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanbeberapametodepembelajaranmisalnyadenganpraktikumdandiskusikelastetapibelummenunjukkanhasilyangmaksimal.Haltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihrendahyaiturata-rataskortes6927danketuntasanklasikalhanya6829%.Berdasarkanpermasalahan-permasalahantersebutuntukmengatasinyadiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifNHT.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifNHT.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal28Oktober2009sampaitanggal18November2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitessetiapakhirsiklus.HasilpenelitianpenerapanpembelajarankooperatifNHTdapat(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswadarisebesar6246%(kategoricukup)padasiklusImenjadi8077%(kategoribaik)padasiklusII(2)meningkatkanhasilbelajarsiswadariskorrata-ratakelassebesar6927danketuntasanklasikal6829%sebelumsiklusImeningkatmenjadi7793danketuntasanklasikal8293%setelahsiklusIdanmeningkatlagimenjadi8378danketuntasanklasikal9268%setelahsiklusII.