Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biolagi siswa kelas VII SMP NEGERI 8 Malang pada pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup / Naning Nur Fadilah
Main Author: | Fadilah, Naning Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24699/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFadilahNaningNur.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifModelTeamGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIISMPNegeri8MalangpadaPokokBahasanCiri-ciriMakhlukHidup.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MasjhudiM.Pd.(II)Drs.SulisetijonoM.Si.KatakunciAktivitasdanHasilBelajarCiri-ciriMakhlukHidupTeamGamesTournament(TGT).BerdasarkanpadahasilobservasidanwawancaraguruBiologidiSMPNegeri8MalangkendalautamayangterjadiselamaprosespembelajaranBiologidiSMPNegeri8Malangadalahkurangaktifnyasiswadanhasilbelajarsiswayangrendahkarenametodeceramahyangditerapkangurukurangmelibatkansiswasecaralangsung.TGTmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangefektifuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakarenamenekankanpadakerjasamasiswadalamkelompokyangmenghilangkankebosanansiswaselamabelajardikelasmelaluigameyangdilaksanakandalamturnamensertamenumbuh-kankesadaranbahwabelajaritupentingdanmenyenangkan.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarBiologimelaluipenerapanpem-belajarankooperatifmodelTGTpadapokokbahasanCiri-ciriMakhlukHidupKelasVIIdiSMPNegeri8Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridariduakalipertemuan.PenelitianinidilaksanakanpadabulanOktobertahunajaran2009/2010.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIBSMPNegeri8Malangyangberjumlah39siswaterdiridari26perempuandan13laki-laki.Dalampenelitianinidata-datayangdiambilyaituketerlaksanaanpem-belajarankooperatifmodelTGT(dikumpulkanmelaluilembarobservasike-terlaksanaanpembelajarankooperatifmodelTGT)aktivitasbelajarsiswa(dikumpul-kanmelaluilembarobservasiaktivitassiswa)hasilbelajaraspekkognitifsiswa(di-kumpulkandengantesakhirsiklus)tanggapansiswaterhadappembelajarankooperatifmodelTGT(dikumpulkanmelaluipedomanwawancarasiswa)pen-dekatanpembelajaranyangdipakaiolehgurumatapelajaranBiologisebelumTGTdantanggapannyaterhadappenerapanpembelajarankooperatifmodelTGT(di-kumpulkanmelaluipedomanwawancaraguru)sedangkankegiatanpembelajarandalampenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdannilaitespokokbahasansebelumCiri-ciriMakhlukHidup(dikumpulkanmelaluikegiatandokumentasi).Namadanjumlahsiswayangtidakhadirnamasiswayangramai/pasifsituasisaatkegiatanpembelajaranberlangsungsertakerjasamasiswadalampembelajaran(di-kumpulkanmelaluicatatanlapangan).AktivitasbelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatanpersentasesiswayangberaktivitasBAIKsecaraklasikalsedangkanhasilbelajarsiswapadaranahkognitifdiukurberdasarkanpeningkatanpersentasesiswayangtuntasbelajarsecaraklasikal.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Peningkatanaktivitasbelajarsiswaditunjukkanmelaluipe-ningkatanpersentasesiswayangberaktivitasBAIKsecaraklasikaldimanapadasiklusImenunjukkanhasilsebesar8718%danpadasiklusIImeningkatmenjadi9487%.PersentasesiswayangtuntassecaraklasikalpadasiklusIadalah8974%sedangkanpersentasesiswayangtuntassecaraklasikalpadasiklusIImeningkatmenjadi9487%.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandisarankankepadaparapendidikagardapatmenggunakanmodelpembelajaraniniuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Perencanaanterhadappelaksanaanmodelpem-belajaraninihendaknyadipersiapkandenganbaikagarprosespembelajarandapatberjalanefektifdanefisien.