Penerapan pembelajaran TPS (Think pair share) untuk meningkatkan mootivasi belajar, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan, dan hasil belejar siswa kelas X-G MAN Malang 1 / Diana Krismawati

Main Author: Krismawati, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24696/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKnerapanPembelajaranTPS(ThinkPairShare)untukiKrismawatiDiana.2010.PeMeningkatkanMotivasiBelajarKemampuanBertanyaKemampuanMenjawabPertanyaandanHasilBelajarSiswaKelasX-GMANMALANGI.Skripsi.JurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(2)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciTPS(ThinkPairShare)MotivasiBelajarKemampuanBertanyaKemampuanMenjawabPertanyaandanHasilBelajarSiswa.BerdasarkanobservasiawaldanwawancaradengansiswadangurubiologidiMANMALANGIdiperolehinformasibahwametodebelajaryangdigunakandisekolahselamainiadalahdiskusiceramahdanposteryangkurangmemberdayakanmotivasibelajarkemampuanbertanyadankemampuanmenjawabpertanyaansehinggamengakibatkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.SiswaMANMALANGIternyatamenyukaimetodediskusikarenamenurutmerekametodemenyenangkandandapatmenyelesaikantugasdenganlebihcepatjikadibandingkanmenyelesaikantugassecaraindividu.UntukmengatasimasalahtersebutditerapkanmodelpembelajaranTPS(ThinkPairShare).ModelpembelajaranTPS(ThinkPairShare)merupakansuatumodelpembelajaranyangmembantusiswauntukberanimenanyakanhal-halyangbelummerekamengertidanberaniuntukmengemukakanpendapattanparasacanggunglagiterhadapgurudanteman-temannyasendirisehinggasiswamenjadilebihaktifdalamprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajarkemampuanbertanyakemampuanmenjawabpertanyaandanhasilbelajarsiswakelasX-GMANMALANGIpadamatapelajaranbiologidenganmateriArchaebacteriadanEubacteria(Bakteri)danProtista.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasdenganduasiklussetiapsiklusterdiriatasempattahappembelajaranyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)hasilobservasi(4)refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-GsemestergasalMANMALANGItahunajaran2009/2010.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarobservasiLKPDsoalujiandancatatanlapangan.Analisisdatapadapenelitianinidilakukansecarakualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTPS(ThinkPairShare)hanyadapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswakelasX-GMANMALANGIsedangkanuntukkemampuanbertanyadankemampuanmenjawabpertanyaandenganpenerapanmodelpembelajaranTPS(ThinkPairShare)tidakterjadipeningkatan(tidakdapatmeningkatkankemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaansiswakelasX-GMANMALANGI).SkormotivasibelajarsiswapadasiklusIadalahsebesar4583%dengankualifikasicukuppadasiklusIIadalahsebesar625%dengankualifikasibaiksehinggaskormotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar1667%.SkorkemampuanbertanyasiswapadasiklusIadalahsebesar651%dengankualifikasirendahpadasiklusIIadalahsebesar998%dengankualifikasirendahsehinggaskorkemampuanbertanyasiswadarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar347%.Peningkatanpersentasesebesar347%dikatakantidakbermaknakualifikasikeberhasilankemampuanmenjawabpertanyaansiswaketingkatiikarenapersentasetersebutbelumdapatmeningkatkankualifikasiyanglebihtinggilagi.SkorkemampuanmenjawabpertanyaansiswapadasiklusIadalahsebesar1337%dengankualifikasirendahpadasiklusIIadalahsebesar1962%dengankualifikasirendahsehinggaskorkemampuanmenjawabpertanyaansiswameningkatsebesar625%.Peningkatanpersentasesebesar625%dikatakantidakbermaknakarenapersentasetersebutbelumdapatmeningkatkankualifikasikeberhasilankemampuanmenjawabpertanyaansiswaketingkatkualifikasiyanglebihtinggilagi.SkorhasilbelajarsiswapadasiklusIadalahsebesar5944%padasiklusIIadalahsebesar6611%sehinggaskorhasilbelajarsiswameningkatsebesar667%.Darihasilpenelitianiniuntukmengantisipasibanyaknyajawabansiswayangmunculpadasaatdiskusikelasdisarankansebaiknyagurumemintasiswauntukmenuliskanpertanyaannyapadaselembarkertasbagisiswayangbelumsempatmengutarakanpertanyaansaatdiskusidanpertanyaantersebutdibahaspadapertemuanselanjutnya.Selainituuntukdapatlebihmengamatipeningkatanmotivasibelajarkemampuanbertanyakemampuanmenjawabpertanyaandanhasilbelajarsiswakiranyaperluwaktuyanglebihbanyaksehinggadapatmengetahuipeningkatanyangdicapaisiswapadasiklus-siklusberikutnya.Agarpenelitianinimenjadilebihmaksimalmakadibutuhkanaspeklainyangdiamatiantaralainuntukmelihathasilbelajarsiswatidakhanyaranahkognitifsajayangdinilaiataudiukurmelainkanuntukranahafektifdanpsikomotorikjugadiukurdengankriteriatertentu.Untukmengawasikegiatandiskusisiswasebaiknyagurulebihseringberkelilingkelasagarsiswamaumengikutijalannyadiskusidantidakbercandaataubermain-mainsaatdiskusi.