Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur, Kabupaten Ngawi / Heni Sutarsih
Main Author: | Sutarsih, Heni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24690/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSutarsihHeni.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIASMPNegeri1PangkurKabupatenNgawi.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pddan(II)Drs.H.FathurrachmanM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiBelajarHasilBelajar.BerdasarkanobservasidanhasilwawancaradengangurubidangstudiBiologikelasVIIAdiSMPNegeri1PangkurKabupatenNgawidiperolehinformasibahwamotivasidanhasilbelajarsebagianbesarsiswakelasVIIAdalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendahyaitusekitar80%darijumlahsiswakelasVIIA.MetodeyangdigunakanadalahmetodeceramahdanmasihmenggunakanpanduanbukupaketdanLKSyangdisusunolehtimguru.Kegiatanpraktikumhanyadilakukansesekalisajasehinggasiswacenderungpasif.Haliniditunjukkanolehjumlahsiswayangmenjawabmaupunbertanyapadaguruhanyasekitar5orangatausekitar12%daritotalsiswaselebihnyahanyamendengarkanpenjelasanguru.Pembelajaranmasihterpusatpadaguru(teachercentered).Pembelajaranyangterpusatpadagurukurangmembangkitkanmotivasibelajarsiswakarenasiswatidakdilibatkandalamprosespembelajaranyangmaksimal.HaltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaksiswayangseringmengikutiremidikarenaskoryangdiperolehkurangmemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)sebesar65yangditetapkanSMPNegeri1Pangkur.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIASMPNegeri1PangkurmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal18Mei2009sampaidengantanggal27Mei2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitesdisetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar5052%yangtermasukdalamkategorikurangsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi6846%yangtermasukdalamkategoricukup.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatanpersentasesebesar1794%.HasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar7381%sedangkanpadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalmeningkatmenjadi88095%.Ketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipeningkatanpersentasesebesar1429%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIASMPNegeri1PangkurKabupatenNgawi.