Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur, Kabupaten Ngawi / Heni Sutarsih

Main Author: Sutarsih, Heni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24690/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSutarsihHeni.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIASMPNegeri1PangkurKabupatenNgawi.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pddan(II)Drs.H.FathurrachmanM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiBelajarHasilBelajar.BerdasarkanobservasidanhasilwawancaradengangurubidangstudiBiologikelasVIIAdiSMPNegeri1PangkurKabupatenNgawidiperolehinformasibahwamotivasidanhasilbelajarsebagianbesarsiswakelasVIIAdalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendahyaitusekitar80%darijumlahsiswakelasVIIA.MetodeyangdigunakanadalahmetodeceramahdanmasihmenggunakanpanduanbukupaketdanLKSyangdisusunolehtimguru.Kegiatanpraktikumhanyadilakukansesekalisajasehinggasiswacenderungpasif.Haliniditunjukkanolehjumlahsiswayangmenjawabmaupunbertanyapadaguruhanyasekitar5orangatausekitar12%daritotalsiswaselebihnyahanyamendengarkanpenjelasanguru.Pembelajaranmasihterpusatpadaguru(teachercentered).Pembelajaranyangterpusatpadagurukurangmembangkitkanmotivasibelajarsiswakarenasiswatidakdilibatkandalamprosespembelajaranyangmaksimal.HaltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaksiswayangseringmengikutiremidikarenaskoryangdiperolehkurangmemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)sebesar65yangditetapkanSMPNegeri1Pangkur.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIASMPNegeri1PangkurmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal18Mei2009sampaidengantanggal27Mei2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitesdisetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar5052%yangtermasukdalamkategorikurangsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi6846%yangtermasukdalamkategoricukup.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatanpersentasesebesar1794%.HasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar7381%sedangkanpadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalmeningkatmenjadi88095%.Ketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipeningkatanpersentasesebesar1429%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIASMPNegeri1PangkurKabupatenNgawi.